Quick Count Hasil Pilpres Prancis: Macron Terpilih Kembali

Berdasarkan perhitungan cepat alias quick count, Capres petahana Prancis Emmanuel Macron diproyeksikan terpilih kembali memimpin negara itu mengalahkan politikus sayap kanan Marine Le Pen, Minggu (24/4).

Mengutip dari AFP, berdasarkan poling quick count di saluran televisi Prancis, Macron disebut menang suara 57,0-58,5 persen dibandingkan Le Pen yang diproyeksikan 41,5-43,0 persen.

Angka tersebut memiliki selisih yang tipis dibandingkan Pilpres sebelumnya pada 2017 silam, di mana kala itu Macron menang dengan 66 persen suara.

Meskipun Macron diyakini bakal melanjutkan periode kedua kepresidenannya untuk lima tahun ke depan, hasil proyeksi itu menunjukkan kekuatan sayap kanan yang menguat di Prancis.

Hasil resmi dari Pilpres Prancis itu bakal dikeluarkan penyelenggara pemilu negara tersebut dalam beberapa waktu lagi.

Jika terbukti, Macron akan menjadi capres petahana pertama yang terpilih kembali sejak era Jacques Chirac pada 2002 silam.

Macron, 44, disebutkan akan menyampaikan pidato kemenangan di Champ de Mars yang berada di pusat kota Paris tak jauh dari Menara Eiffel.

Sementara itu, mengutip dari Reuters, Le Pen menyatakan hasil dari pemilu saat ini adalah sebuah ‘kemenangan brilian’. Ia mengatakan hal demikian karena jumlah suara yang mendukungnya lebih besar dibandingkan sebelumnya.

Pada periode kedua kepresidenannya, Macron akan berpeluang mengimplementasikan visinya yang lebih proreformasi bisnis dan memperketat integrasi Uni Eropa.

Kemudian penanganan pandemi Covid-19, hingga penyelesaian perkara invasi Rusia ke Ukraina.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Nusantara TV

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *