Pemimpin Eropa Ucapkan Selamat Atas Terpilihnya Lagi Macron di Prancis

Calon Presiden petahana Prancis Emmanuel Macron berhasil terpilih kembali menjadi pemimpin negara tersebut setelah mengalahkan politikus sayap kanan, Marine Le Pen, Minggu (24/4).

Mengutip dari AFP, berdasarkan proyeksi atau hitung cepat yang diselenggarakan lembaga survei untuk saluran televisi Prancis, Macron menang dengan keunggulan 58 persen, sementara Le Pen mendapatkan 42 persen suara.

Dengan demikian, Macron yang kini berusia 44 tahun itu akan menjalani periode kedua kepresidenannya.

Atas kemenangan itu, sejumlah pemimpin Eropa pun memberikan selamat kepada Macron.

“Kita akan menghitung lagi Prancis untuk lima tahun lebih,” ujar Presiden Dewan Eropa Charles Michel lewat akun Twitter-nya.

“Saya senang bisa melanjutkan kembali kerja sama sempurna kita,” kata Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen secara terpisah.

Kanselir Jerman, Olaf Scholz, pun menyambut keterpilihan kembali Macron. Dia mengatakan para pemilih di Prancis telah, “mengirimkan sebuah suara yang kuat bagi kepercayaan diri di Eropa hari ini. Saya senang kita akan melanjutkan kerja sama yang baik.”

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson pun menyambut keterpilihan kembali Macron. Dia menyebut Prancis saat ini adalah salah satu sekutu yang penting dan terdekat Inggris.

Lewat akun Twitternya, Johnson mengaku menantikan kembali untuk melanjutkan kerja sama pada persoalan-persoalan yang penting bagi kedua negara dan dunia.

Pun demikian dilontarkan Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez dan Perdana Menteri Belgia Alexander De Croo.

Sementara itu, Perdana Menteri Italia Mario Draghi menjelaskan kemenangan Macron sebagai sebuah, “Kabar luar biasa bagi seluruh Eropa.”

Perdana Menteri Irlandia Micheal Martin menyanjung kepemimpinan Macron yang dinamis, “tak hanya penting bagi Prancis, juga bagi Eropa.”

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Detikcom

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *