Menhub soal Mudik: Tol Gratis Jika Antrean Macet 1 Km Lebih

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah akan menjamin biaya tarif tol gratis jika terjadi antrean kendaraan hingga lebih dari 1 kilometer di gerbang tol selama musim mudik lebaran 2022.

Menurut Budi, aturan seperti itu menjadi salah satu cara mendorong pengelola jalan tol memberikan performa pelayanan yang maksimal selama arus mudik Lebaran.

“Ada satu diskresi, apabila antrean mobil (di gerbang tol) itu lebih dari 1 kilometer, maka tidak perlu bayar. Jadi kita bisa memberikan suatu homework untuk pengelola tol, supaya tidak macet,” kata Budi dalam bincang-bincang eksklusif Blak-blakan Deticom.

Selain itu, Budi juga mengatakan tahun ini pemerintah dan badan usaha sudah sepakat untuk tidak memberikan diskon tarif tol di musim mudik Lebaran 2022.

“Sebenarnya sudah ditetapkan, tidak ada diskon (tarif tol),” tegas Budi.

Sebagai informasi, diskon tarif tol diberikan secara rutin setiap musim mudik Lebaran sejak 2015. Awal penerapan diskon tarif tol saat mudik dilatarbelakangi oleh tujuan menarik minat pengguna mobil untuk melawati jalan tol.

Hal ini seiring dengan digalakkannya pembangunan jalan tol yang semakin masif sejak pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Jusuf Kalla.

Saat itu Presiden Jokowi meminta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk menurunkan tarif tol jelang Lebaran. Semakin banyaknya mobil yang melewati tol diharapkan bisa mengurangi kepadatan kendaraan di jalan raya non-tol.

Diskon tarif tol terakhir kali diberikan pada masa mudik Lebaran 2019. Kala itu, 15 badan usaha yang mengelola jalan tol di seluruh Indonesia sepakat memberikan diskon tarif tol sebesar 15% saat arus mudik Lebaran.

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Sindonews.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *