Indeks Dolar AS Menguat, Yen Makin Tertekan

Indeks dolar AS melonjak ke level tertinggi 20 tahun terhadap yen Jepang pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB). Dolar AS menguat didukung oleh perbedaan dalam kebijakan moneter antara Federal Reserve yang bertekad untuk menahan kenaikan inflasi dan bank sentral Jepang (BOJ) yang mempertahankan suku bunga sangat rendah.

Greenback mencapai 128,97 yen, tertinggi sejak Mei 2002. Dolar terakhir terangkat 1,5% pada 128,94 yen. Dolar telah melonjak 5,9% terhadap yen sejauh bulan ini dengan laju kenaikan%tase bulanan terbesar sejak 2016.

“BOJ telah melakukan kebalikan dari normalisasi. Mereka telah berusaha keras,” kata Richard Benson, co-chief investment officer di Millennium Global Investments di London.

Benson percaya otoritas moneter Jepang benar-benar dapat melakukan intervensi untuk memperkuat yen. Akan tetapi, ini bukan tentang level tertentu.

Saya tidak akan terkejut jika BOJ melakukan intervensi karena mereka memiliki banyak dolar dan mereka dapat menjualnya dengan mudah,” kata Benson.

Dia melanjutkan, “Ada angka yang jelas untuk dibicarakan dan level, tetapi narasinya sangat banyak tentang kecepatannya. Jadi lambat dan bertahap tidak masalah.”

Menteri Keuangan Jepang Shunichi Suzuki membuat peringatan yang paling eksplisit terhadap kemerosotan yen baru-baru ini bahwa kerusakan ekonomi dari melemahnya mata uang saat ini lebih besar daripada manfaat dari itu.

Dalam catatan penelitian terbarunya, Morgan Stanley mengatakan bahwa penurunan yen terhadap dolar dibenarkan di tengah memburuknya persyaratan perdagangan Jepang, dengan melonjaknya bahan mentah yang menaikkan biaya impor, serta pandangan inflasi yang kontras antar negara.

Sementara itu, data indeks harga konsumen (IHK) inti Jepang, yang akan dirilis pada hari Kamis (21/4), kemungkinan naik 0,8% pada bulan Maret dari tahun sebelumnya, lebih cepat dari kenaikan 0,6% pada Februari, level tersebut masih jauh di bawah target inflasi 2,0% yang telah lama dipegang BOJ.

Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, juga naik pada hari Selasa (19/4), naik melewati 101 untuk pertama kalinya dalam lebih dari 2 tahun. Indeks dolar terakhir naik 0,2% pada 100,98.

Greenback naik menjadi 0,9519 franc versus mata uang Swiss, tertinggi sejak Juni 2020. Terakhir berpindah tangan pada 0,9513 franc, naik 0,7%.

Euro memulihkan beberapa kerugiannya, diperdagangkan 0,1% lebih tinggi terhadap dolar pada 1,0791 dolar, tetapi tetap berada di bawah level terendah dua tahun minggu lalu di 1,0756 dolar.

 

 

 

Sumber : okezone.com
Gambar : Portonews.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *