10.376 Aparat Gabungan Kawal Mudik Lebaran di Sumatera Utara

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak mengatakan polisi akan melaksanakan Operasi Ketupat Toba 2022 mulai 28 April hingga 9 Mei 2022 dalam rangkaian pelaksanaan Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah khususnya pada saat mudik lebaran.

“Polda akan melaksanakan operasi dengan sandi Operasi Ketupat Toba 2022 yang digelar pada 28 April sampai 9 Mei 2022,” kata Panca usai rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral dalam rangka kesiapan pengamanan Idulfitri 1443 H di Mapolda Sumut, Selasa (19/4).

Panca menegaskan operasi ini digelar untuk memberi keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat yang merayakan Idulfitri dan mudik.

“Di sana kita melaksanakan operasi kemanusiaan dalam rangka mengamankan dan memastikan masyarakat yang melaksanakan perayaan Idulfitri dalam keadaan aman, sehat dan lancar,” terangnya.

Selain itu, tambah Panca, diprediksi akan terjadi peningkatan arus mudik. Karena itu, pihaknya mendirikan 146 Pos Pam (105 Pos Pam, 35 Pos Pelayanan dan 10 Pos Terpadu) di seluruh wilayah Provinsi Sumatera Utara.

“Kita memiliki mekanisme diantaranya mendirikan Pos Pengamanan (Pos Pam). Pos pengamanan itu ditempati 10.376 personel gabungan antara lain 7.014 personel Polri dan 3.362 personel TNI serta lintas sektoral lainnya,” pungkasnya.

Panca berharap, dengan adanya Operasi Ketupat Toba 2022 ini, masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dan mudik dengan aman. Namun, dia mengimbau masyarakat harus tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes).

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *