Harga Emas Diprediksi Tembus USD 2.000, tapi Masih Terhalang Dolar AS

Harga emas diprediksi tembus di angka USD 2.000 per ons, namun salah satu hambatan utamanya adalah posisi dolar AS yang kuat.

Dikutip dari laman Kitco.com, Senin (18/4/2022), meskipun aksi jual selama hari perdagangan terakhir minggu lalu, harga emas masih naik 1,5 persen, dengan emas berjangka Comex Juni terakhir diperdagangkan di USD 1.974,6 setelah naik di atas USD 1.985 per ounce sehari sebelumnya.

Setelah melihat daya tarik safe-haven baru di tengah ketegangan geopolitik yang signifikan, dolar AS membatasi kenaikan emas. Indeks dolar AS menembus level di 100,36 pada perdagangan terakhir pada kamis (14/4/2022).

“Emas menerima permintaan safe haven yang kuat. Tapi kami melihat hal yang sama dengan dolar AS. Itu akan menjadi potensi angin sakal untuk emas. Dolar AS dipandang sebagai ‘baju kotor terbersih di binatu.’ Investor mencari keamanan di luar beberapa kekacauan dan ketidakpastian yang kita lihat di pasar. Argumennya mirip dengan emas-emas dipandang sebagai tempat tepercaya,” kata pakar logam mulia Gainesville Coins Everett Millman.

Ketegangan yang meningkat lebih lanjut adalah Rusia mengancam akan mengerahkan senjata nuklir dan rudal hipersonik jika Swedia dan Finlandia bergabung dengan NATO. Komentar itu datang dari Dmitry Medvedev, wakil ketua Dewan Keamanan Rusia.

“Tidak ada lagi pembicaraan tentang status bebas nuklir untuk Baltik – keseimbangan harus dipulihkan,” kata Medvedev, yang juga mantan presiden Rusia (2008-2012).

Ini terjadi hanya sehari setelah Presiden AS Joe Biden mengumumkan bahwa dia memberi Ukraina senjata tambahan senilai USD 800 juta, termasuk artileri berat.

Tekanan Dolar AS

Tekanan baru dari dolar AS yang lebih kuat dapat membuat emas terjebak dalam kisaran perdagangan hingga indeks turun kembali di bawah 100.

“Dolar cukup bergerak. Ada keyakinan bahwa reli akan berhenti di level 100. Tapi kami melihat momentum bullish lebih lanjut. Jangka pendek, dolar bisa lebih terapresiasi. Itu sebabnya saya netral terhadap emas. Fundamental dan masih utuh untuk momentum bullish dalam emas, tetapi dolar yang lebih kuat dapat membatasi [prospek logam untuk saat ini],” jelas analis pasar senior OANDA Edward Moya.

Sementara itu, kepala strategi global TD Securities Bart Melek, mengatakan, kenaikan imbal hasil di AS juga mendorong greenback dan menekan logam mulia. Dolar menguat sampai batas tertentu karena dia telah melihat imbal hasil di seluruh kurva juga bergerak naik.

“Angka 2, 10, dan 30 semuanya bergerak naik. Ini merupakan faktor penting dalam mendorong harga di sini. Harga riil bergerak naik di sini karena baiklah,” kata Melek.

Dalam perjalanannya ke USD 2.000 per ounce, emas akan lebih sulit menembus level USD 1.975 per ons daripada level USD 2.000, kata ahli strategi pasar senior RJO Futures, Frank Cholly.

“Dolar mungkin merupakan faktor terbesar saat ini. Jika dolar turun kembali ke kisaran 99-98, itu akan membuat emas lebih mudah menembus USD 2.000, yang pada akhirnya akan terjadi,” kata Cholly.

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : JD.ID

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *