Hong Kong Bakal Cabut Larangan Penerbangan Internasional dari 9 Negara

Hong Kong akan memulai kembali penerbangan internasional dari Amerika Serikat, Inggris, dan tujuh negara lainnya, kata pemerintah Senin (21 Maret) saat mengumumkan pelonggaran beberapa pembatasan COVID-19 terberat di dunia.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Senin (21/3/2022), masa karantina hotel untuk kedatangan dari luar negeri juga akan dikurangi menjadi tujuh hari.

Larangan penerbangan, yang dikenal sebagai “circuit breaker”, akan dicabut mulai 1 April.

Ini diberlakukan setelah varian Omicron yang sangat menular muncul pada bulan Januari, dengan pembatasan awalnya mencakup delapan negara yang dianggap berisiko tinggi – Australia, Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Prancis dan India, Pakistan dan Filipina – dan kemudian Nepal.

“Circuit breaker … tidak tepat sekarang,” kata Kepala Eksekutif Carrie Lam saat konferensi pers pada hari Senin.

“Situasi epidemi di negara-negara itu tidak lebih buruk dari Hong Kong, dan sebagian besar pendatang tidak memiliki gejala serius. Memperpanjang pemutus sirkuit akan menambah kekhawatiran dan kecemasan warga Hong Kong yang terdampar di sana.”

Aturan Dilonggarkan Bertahap

Karantina hotel selama 14 hari saat ini untuk pelancong akan dikurangi menjadi tujuh hari – asalkan mereka dites negatif pada hari keenam dan ketujuh masa tinggal mereka – diikuti oleh tujuh hari pemantauan di rumah, meskipun Lam tidak merinci.

Sekolah akan melanjutkan kelas tatap muka mulai 19 April, setelah liburan Paskah.

Lam mengatakan langkah-langkah jarak sosial akan dilonggarkan secara bertahap mulai 21 April.

Restoran mungkin tetap buka setelah jam 6 sore untuk layanan makan di tempat – saat ini dilarang – sementara pertemuan publik dapat mencakup empat orang, naik dari dua saat ini.

Klub malam, pub dan pantai akan diizinkan untuk dibuka pada tahap kedua sementara orang-orang akan diizinkan untuk berolahraga di luar ruangan tanpa masker. Masker saat ini diwajibkan di luar rumah.

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *