Tidak Hanya Nias, Gempa Kuat Juga Guncang Filipina

Pada Senin 14 Maret 2022 terjadi gempa yang jeda waktunya berdekatan di Nias selatan, Sumatra Utara dengan Filipina. Kekuatan gempa hampir serupa di kisaran 6 magnitudo.

Gempa bumi kuat melanda sebagian Filipina berkekuatan 6,4 melanda sekitar 110 kilometer dari Morong di Provinsi Bataan di Pulau Luzon pada pukul 05:05. Kuatnya guncangan gempa membuat penduduk di dekat Manila terbangun oleh bangunan yang bergetar.

“Gempa terjadi pada kedalaman 11 kilometer,” kata Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), seperti dikutip The Straits Times.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan tidak ada risiko tsunami dari gempa tersebut.

Gempa dangkal cenderung menimbulkan lebih banyak kerusakan daripada gempa yang dalam, tetapi Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina mengatakan kerusakan tidak diperkirakan terjadi.

“Ini kuat dan bergetar seolah-olah menari ke samping,” kata Letnan Aristoteles Calayag, penjabat kepala polisi kota Lubang di Occidental Mindoro, sebuah pulau di lepas pantai Luzon.

“Masyarakat sudah terbiasa dengan gempa seperti ini sehingga mereka tidak terburu-buru keluar atau panik,” imbuhnya.

Sementara Kepala polisi Morong Kapten Michelle Gaziola mengatakan kepada Agence France-Presse bahwa gempa itu “sedikit kuat tetapi singkat”.

“Kami baik-baik saja. Kebanyakan orang masih tidur,” ucap Gaziola.

Sementara di Nias Selatan, Sumatra Utara gempa 6,9 magnitudo dilaporkan terjadi sekitar pukul 04.09 WIB, Senin, 14 Maret 2022. Dilansir dari laman Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di laut 161 kilometer (km) tenggara Nias Selatan dengan dengan kedalaman 25 km. Sementara itu, titik koordinat 0.71 lintang selatan (LS) dan 98.5 bujur timur (BT).

Gempa dirasakan skala Modified Mercalli Intensity (MMI) II hingga IV. Skala MMI II artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Skala MMI III adalah getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Kemudian gempa susulan terjadi sekitar pukul 04.38 WIB. Dilansir dari laman BMKG, pusat gempa berada di 154 kilometer (km) tenggara Nias Selatan dengan kedalaman 26 km. Titik koordinat gempa 0.66 lintang selatan (LS) dan 98.45 bujur timur (BT).

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *