520.000 Pengungsi dari Ukraina Berada di Negara Tetangga

Saat ini ada 520.000 pengungsi dari Ukraina di negara-negara tetangga dan angka itu telah meningkat secara eksponensial, jam demi jam. Hal ini sampaikan Filippo Grandi, Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) kepada Dewan Keamanan PBB pada Senin.

Grandi, yang berbicara kepada dewan melalui telekonferensi dari Jenewa, mengatakan dia telah bekerja dalam krisis pengungsi selama hampir 40 tahun dan “jarang melihat eksodus orang yang meningkat pesat yang terbesar, tentu saja, di Eropa, sejak perang Balkan.”

“Lebih dari 280.000 telah melarikan diri ke Polandia. 94.000 lainnya ke Hongaria, hampir 40.000 saat ini berada di Moldova; 34.000 di Rumania, 30.000 di Slovakia dan puluhan ribu di negara-negara Eropa lainnya. Kami juga menyadari bahwa jumlah yang cukup besar telah masuk ke Federasi Rusia,”kata Grandi, seperti dikutip AFP, Selasa 1 Maret 2022.

“Pekerja kemanusiaan PBB telah direlokasi dan serangan militer mungkin memaksa mereka untuk pindah lagi,” jelasnya.

Menurut Grandi, situasinya bergerak sangat cepat, dan tingkat risikonya sangat tinggi sekarang, sehingga tidak mungkin bagi kemanusiaan untuk mendistribusikan bantuan secara sistematis, bantuan yang sangat dibutuhkan Ukraina,

Warga sipil dan infrastruktur sipil harus dilindungi dan dihindarkan, dan akses kemanusiaan harus diberikan bagi mereka yang memberikan bantuan kepada mereka yang terkena dampak perang. Kegagalan untuk melakukannya akan menambah tingkat penderitaan manusia yang sudah luar biasa,” pungkasnya.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *