Kasus Covid-19 Melandai, Puncak Omicron Sudah Lewat di Beberapa Daerah

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan tren pertambahan kasus harian Covid-19 mengalami penurunan selama tiga pekan terakhir. Bahkan, beberapa daerah diklaim telah melewati puncak Omicron.

Juru bicara vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi mengatakan, kasus aktif tercatat mengalami penurunan 10 persen, atau sebanyak 19.200 kasus, dari 573.898 kasus kemarin menjadi 554.698 kasus hari ini.

“Beberapa provinsi sudah mulai mengkonfirmasi penurunan kasus harian dan perawatan pasien selama tiga minggu terakhir ini seperti DKI Jakarta, Banten, Bali, Maluku, Papua, dan NTB,” kata Nadia dalam keterangan tertulisnya, Senin (1/3).

Kemenkes juga kini tengah memantau provinsi lain yang sudah melandai dalam satu minggu terakhir. Beberapa provinsi itu di antaranya Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Kalimantan Selatan.

“Meski kita pantau masih ada beberapa provinsi di Jawa dan luar Jawa yang meningkat, tapi secara agregat kita bisa melihat penanganan pandemi secara nasional membaik karena provinsi dengan kota-kota besar padat penduduk sudah melewati puncaknya dalam waktu yang cukup konsisten,” tutur Nadia.

Lebih lanjut, Nadia mengatakan tren penurunan kasus tersebut berimplikasi juga pada tingkat keterisian pasien di rumah sakit. Ia menyebut, selama dua hari terakhir, tidak ada perubahan terkait jumlah pasirn yang dirawat di RS.

“Angka konfirmasi kasus harian di akhir Februari ini berada di posisi 25.054 (28/2) dan pasien dirawat di rumah sakit berada di posisi 35% (28/2), tidak ada perubahan dari posisi hari kemarin yang mencapai 35% (27/2),” jelasnya.

“Inilah yang membuat posisi perawatan pasien di rumah sakit melandai karena kontribusi pasien di daerah dengan populasi besar juga ikut turun,” imbuhnya.

Di sisi lain, angka kesembuhan pasien di rumah sakit juga terhitung masih tinggi secara nasional. Hingga Senin (28/2), angka kesembuhan pasien ada di posisi 43.992. Angka itu, kata Nadia, lebih baik dari hari sebelumnya Minggu (27/2) yang ada di posisi 39.384.

Seiring penurunan kasus, pihaknha mengaku akan melakukan percepatan vaksinasi. Sehingga, Indonesia bisa segera memasuki masa endemi.

“Kemenkes terus berupaya menekan risiko terburuk akibat infeksi Covid-19, sehingga salah satu jalan agar terbebas dari pandemi dan menuju endemi adalah lewat percepatan vaksinasi,” ucap dia.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *