Menlu Retno: Indo-Pasifik sebagai Busur Perdamaian bukan Permusuhan

Warga yang terinfeksi virus korona varian Omicron hampir 75 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan penyakit serius atau meninggal daripada mereka yang tertular varian Delta. Hal ini dikeluarkan menurut data dunia nyata yang dirilis pada Senin 21 Februari 2022 oleh otoritas kesehatan Korea Selatan (Korsel).

“Studi dari sekitar 67.200 infeksi yang dikonfirmasi sejak Desember menunjukkan tingkat keparahan dan kematian varian Omicron rata-rata masing-masing 0,38 persen dan 0,18 persen. Ini lebih rendah dibandingkan dengan 1,4 persen dan 0,7 persen untuk kasus varian Delta,” hasil studi dari Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA), seperti dikutip Channel News Asia, Selasa 22 Februari 2022.

KDCA mengklasifikasikan kasus parah sebagai orang yang dirawat di rumah sakit di unit perawatan intensif.

“Penelitian menunjukkan, sekitar 56 persen dari 1.073 orang yang meninggal selama lima minggu terakhir tidak divaksinasi atau hanya menerima satu dosis. Sementara 94 persen kematian lebih banyak dialami warga berusia 60 tahun atau lebih,” sebut KDCA.

Lebih dari 86 persen dari 52 juta penduduk Korea Selatan telah divaksinasi ganda dan hampir 60 persen telah menerima vaksin booster.

Korea Selatan telah menjaga kasus dan kematian relatif rendah berkat langkah-langkah jarak sosial yang meluas dan pengujian dan penelusuran yang agresif.

Varian Omicron telah menyebabkan lonjakan kasus, tetapi pihak berwenang telah mendorong maju dengan sedikit pelonggaran aturan jarak sosial di tengah tingkat kematian yang lebih rendah dan menjelang pemilihan presiden bulan depan. Minggu lalu, Korsel mencatat infeksi baru harian mencapai rekor 100.000 kasus.

Pelacakan kontak dan isolasi wajib untuk orang yang divaksinasi dibatalkan demi diagnosis mandiri dan perawatan di rumah untuk membebaskan beban tenaga medis. Di antara perubahan jam malam yang ketat, restoran akan buka selama satu jam ekstra untuk kelompok hingga delapan pengunjung, naik dari enam.

Jam malam yang berlangsung lama telah muncul sebagai kentang panas politik menjelang pemilihan, dengan pemilik usaha kecil mendesak mereka untuk dicabut sementara beberapa ahli memperingatkan kemungkinan ketegangan pada sistem medis.

KDCA mengatakan, “Omicron menjadi varian dominan pada minggu ketiga Januari”. Selain itu, pada minggu pertama Februari, hingga 90 persen kasus baru, terinfeksi covid-19 varian Omicron.

Badan ini juga melaporkan 99.444 kasus baru untuk Senin. Sehingga total infeksi menjadi 2.157.734, dengan 7.508 kematian.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : MSN

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *