Rusia-Belarusia Perpanjang Latihan Militer di Perbatasan

Rusia dan Belarusia memperpanjang latihan militer yang akan berakhir pada Minggu, 20 Februari 2022. Menteri Pertahanan Belarus mengatakan, keputusan diambil sehubungan dengan peningkatan aktivitas militer dekat perbatasan luar kedua negara.

“Keputusan ini juga diambil karena meningkatnya ketegangan di wilayah Donbass di Ukraina timur,” katanya, dilansir dari Channel News Asia, Minggu, 20 Februari 2022.

NATO mengatakan Rusia memiliki hingga 30.000 tentara di Belarus dan dapat menggunakannya sebagai bagian dari pasukan invasi untuk menyerang Ukraina, meskipun Moskow menyangkal niat tersebut.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan, Presiden Rusia Vladimir Putin mungkin tidak berpikir logis sehingga ancaman sanksi mungkin tidak cukup untuk mencegah invasi Rusia ke Ukraina.

“Sanksi mungkin tidak cukup untuk menghalangi aktor irasional dan kami harus menerima saat ini bahwa Vladimir Putin mungkin berpikir secara tidak logis tentang ini dan tidak melihat bencana di depan,” kata Johnson kepada BBC.

Ledakan terdengar di pusat Donetsk, sebuah kota di wilayah Donbass timur yang dikendalikan oleh separatis yang didukung Rusia. Penembakan juga terjadi di tempat lain wilayah itu sehari sebelumnya.

Pesan SMS yang dikirim ke warga Donetsk mendesak para pria di sana untuk melapor untuk tugas militer.

Beberapa hari penembakan di Ukraina timur, yang sebagian besar dikendalikan oleh separatis yang didukung Rusia, telah diikuti oleh penumpukan pasukan Rusia – diperkirakan oleh Barat berjumlah 150.000 atau lebih – di utara, timur dan selatan negara itu. Rusia membantah rencana untuk menyerang Ukraina.

“Rencana yang kami lihat adalah untuk sesuatu yang bisa menjadi perang terbesar di Eropa sejak 1945 hanya dalam skala besar,” kata Johnson.

Ia menambahkan, Amerika Serikat (AS) dan Inggris akan berusaha untuk memotong akses perusahaan Rusia ke dolar dan pound jika terjadi invasi. Menurutnya, sanksi semacam itu akan “sangat keras” dan akan melangkah lebih jauh dari yang disarankan sebelumnya di depan umum.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Sindonews

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *