Jokowi Resmi Lantik Andi Widjajanto sebagai Gubernur Lemhannas

Presiden Joko Widodo resmi melantik Andi Widjajanto sebagai Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas). Andi resmi menduduki jabatan yang ditinggalkan Agus Widjojo.

Pelantikan dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, Senin (21/2). Jokowi mengambil sumpah jabatan Andi di hadapan sejumlah pejabat negara.

“Bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Jokowi diikuti Andi, disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (21/2).

Pengangkatan Andi berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 21P Tahun 2022 tentang Pengangkatan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional. Andi pun diberi hak dan keuangan setingkat menteri.

Andi resmi bertugas sebagai Gubernur Lemhannas. Posisi ini sebelumnya diduduki oleh Agus Widjojo sejak 2016.

Pada Januari lalu, Jokowi melantik Agus sebagai Duta Besar Indonesia untuk Filipina. Posisi Agus pun digantikan sementara oleh Pelaksana Tugas Gubernur Lemhannas Marsekal Madya (Marsdya) Wieko Syofyan.

Andi Widjajanto selama ini dikenal sebagai akademisi yang punya perhatian khusus soal militer dan hubungan internasional. Dia mengajar di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia serta Sekolah Staf dan Komando Tentara Nasional Indonesia.

Dia punya rekam jejak panjang di pemerintahan Presiden Joko Widodo. Jokowi pernah mempercayainya sebagai salah satu anggota Tim Transisi saat peralihan kepemimpinan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Setelah itu, Jokowi mendapuk Andi sebagai Sekretaris Kabinet (Seskab). Pada 2015, Andi digantikan oleh politikus PDIP Pramono Anung.

Andi kembali ke lingkaran Istana Kepresidenan pada 4 Februari 2020. Kala itu, Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko melantik Andi sebagai penasihat senior.

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Kompas.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *