Perundingan Nuklir Iran Pangkas Harga Minyak Dunia

Harga minyak dunia rontok hampir dua persen pada akhir perdagangan Kamis waktu setempat (Jumat pagi WIB), karena perundingan nuklir Iran memasuki tahap akhir. Hal ini akan membuka lebih banyak pasokan minyak mentah yang selama ini terimbas oleh ketegangan Rusia-Ukraina.

Mengutip Antara, Jumat, 18 Februari 2022, minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman April merosot USD1,84 atau 1,9 persen menjadi USD92,97 per barel di London ICE Futures Exchange.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS untuk pengiriman Maret kehilangan USD1,9 atau 2,0 persen menjadi USD91,76 per barel di New York Mercantile Exchange.

“(Pasar) minyak terkunci dalam tarik ulur antara keringanan sanksi Iran dan ketegangan Rusia-Ukraina,” kata pialang PVM Oil Stephen Brennock.

Kedua harga acuan naik ke level tertinggi sejak September 2014 di awal pekan dan terus menghadapi kemunduran ekstrem dalam beberapa bulan mendatang. Kontrak berjangka untuk Brent dan WTI hingga Agustus berada dalam super-backwardation lantaran setiap bulan diperdagangkan setidaknya USD1 per barel.

“Harganya sudah bisa berada di wilayah tiga digit jika bukan karena pembicaraan nuklir antara AS dan Iran,” kata analis pasar Oanda Craig Erlam.

Dengan kesepakatan baru nuklir Iran, Korea Selatan langsung mengadakan pembicaraan untuk melanjutkan impor minyak mentah dari negara tersebut. Namun, ketegangan atas kemungkinan invasi Rusia ke Ukraina masih mendorong pasar minyak karena potensi gangguan pasokan energi.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *