Kemenlu Imbau WNI untuk Tidak Lakukan Perjalanan ke Ukraina

Kementerian Luar Negeri mengimbau WNI untuk tidak melakukan perjalanan ke Ukraina terlebih dulu. Imbauan ini disampaikan karena isu Rusia akan menyerang negara itu.

“Kami mengimbau kepada WNI yang memiliki rencana perjalanan ke Ukraina dalam waktu dekat dapat menunda sampai kondisi lebih baik,” kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha, Kamis, 17 Februari 2022.

Ia menambahkan, hingga saat ini kondisi di Ukraina relatif aman. Masyarakat juga terlihat menjalani kehidupan secara normal dan tetap tenang.

Judha menuturkan, berdasarkan catatan KBRI Kiev, terdapat 138 WNI yang tinggal di Ukraina. Mayoritas berada di Kiev dan Odessa, sedangkan sisanya tersebar di beberapa kota.

KBRI Kiev, kata Judha, terus menjalin komunikasi dengan semua WNI di Ukraina. Tak hanya itu, Dubes RI di Ukraina juga sudah mengadakan pertemuan dengan WNI untuk memastikan kondisi emreka.

“Saat ini terpantau seluruh WNI sehat, aman dan tetap tenang. Imbauan juga telah kita lakukan kepada WNI untuk tetap waspada, berhati-hati, memverifikasi semua bentuk informasi yang didapat dengan sumber resmi pemerintah dan terus menjalin komunikasi dengan KBRI di Kiev,” lanjut dia.

Ia menambahkan, WNI dapat menghubungi hotline KBRI Kiev di nomor +380503347917 jika ada kondisi darurat.

Dalam Twitter-nya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan sangat prihatin dengan situasi terkini di perbatasan antara Ukraina dan Rusia.

“Indonesia mengimbau semua pihak untuk menahan diri dan memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi keberhasilan dialog dan diplomasi,” ucap Retno.

“Konflik tidak menguntungkan siapa pun,” pungkasnya.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *