Banjir Bandang di Brasil Tewaskan 58 Orang

Sedikitnya 58 orang tewas dalam banjir bandang dan tanah longsor yang menghancurkan Kota Petropolis di Brasil. Bencana itu mengubah jalan-jalan menjadi sungai yang deras dan menyapu rumah-rumah.

Para petugas penyelamat berlomba untuk menemukan orang-orang yang selamat yang terkubur dalam lumpur dan puing-puing setelah badai besar Selasa. Curah hujan yang tinggi mengguyur selama 3 jam, namun setara hujan satu bulan.

“Ada kekhawatiran jumlah korban tewas dapat meningkat lebih jauh ketika petugas pemadam kebakaran dan pekerja penyelamat sukarela menggali sisa-sisa rumah yang hanyut dalam semburan lumpur,” sebut pihak petugas penyelamat, seperti dikutip CGTN, Kamis 17 Februari 2022.

“Banyak dari mereka tinggal di daerah kumuh lereng bukit yang miskin,” imbuhnya.

“Setidaknya 21 orang sejauh ini telah diselamatkan hidup-hidup dalam upaya tersebut,” menurut pemerintah negara bagian.

Sekitar 300 orang ditampung di tempat penampungan, sebagian besar di sekolah, kata para pejabat. Badan amal menyerukan sumbangan kasur, selimut, makanan, air, pakaian, dan masker wajah untuk para korban.

Setelah insiden itu, Balai Kota Petropolis mengumumkan tiga hari berkabung.

Dalam sebuah posting Twitter, Presiden Brasil Jair Bolsonaro, yang sedang dalam perjalanan ke Rusia, mengatakan dia telah menginstruksikan para menterinya untuk memberikan dukungan segera kepada masyarakat yang terkena dampak.

“Semoga Tuhan menghibur anggota keluarga para korban,” tulisnya.

 

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *