Rusia-Ukraina Sepakat Pertahankan Gencatan Senjata

Rusia dan Ukraina pada Rabu 26 Januari 2022 sepakat dalam pembicaraan di Paris, Prancis bahwa semua pihak harus mematuhi gencatan senjata di timur Ukraina. Ini dicapai setelah lebih dari delapan jam diskusi antara kedua belah pihak.

Prancis menilai kesepakatan ini sebagai ‘sinyal yang baik’. Hubungan kedua negara menegang di saat Rusia diduga berencana untuk menginvasi Ukraina.

Penumpukan pasukan Rusia di dekat perbatasan dengan Ukraina telah menimbulkan kekhawatiran bahwa Kremlin merencanakan intervensi militer di tetangganya yang pro-Uni Eropa. Sementara di saat bersamaan, Moskow mendesakkan tuntutan atas kehadiran NATO di Eropa timur.

Seorang ajudan Presiden Prancis Emmanuel Macron, yang berbicara dengan syarat anonim menekankan bahwa pembicaraan Paris adalah tentang menyelesaikan pertempuran separatis di Ukraina timur sejak 2014, bukan ancaman invasi Rusia.

“Tetapi pertanyaannya adalah apakah Rusia ingin memberi sinyal pencairan,” katanya, seraya menambahkan bahwa diskusi “sulit” pada akhirnya menghasilkan sesuatu yang positif.

“Dalam keadaan saat ini, kami menerima sinyal yang baik,” imbuh ajudan Macron itu, seperti dikutip AFP, Kamis 27 Januari 2022.

Untuk pertama kalinya sejak 2019, Ukraina dan Rusia sepakat untuk menandatangani pernyataan bersama bersama Prancis dan Jerman tentang konflik yang sedang berlangsung antara pasukan Ukraina dan separatis di timur negara itu.

Keempat negara telah bekerja untuk mencapai kesepakatan damai untuk Ukraina timur sejak 2014 dan secara kolektif dikenal sebagai Grup Normandia.

“Bagaimanapun sulitnya diskusi sejak Desember 2019, Grup Normandia telah dapat menyepakati beberapa poin penting,” kata ajudan Presiden Prancis itu.

Pernyataan bersama itu mengikat kedua belah pihak untuk “menghormati tanpa syarat atas gencatan senjata” dan juga mengatakan bahwa mereka akan bertemu lagi dalam waktu dua minggu di Berlin.

Kesepakatan gencatan senjata 2014 -,didukung pada 2020,- membantu mengakhiri pertempuran terburuk atas dua wilayah separatis di timur Ukraina yang telah merenggut sekitar 13.000 nyawa.

Negara-negara Barat khawatir bahwa Rusia dapat menggunakan gejolak dalam pertempuran di sepanjang garis depan antara tentara Ukraina dan separatis sebagai dalih untuk melancarkan invasi ke tetangganya.

Tidak mudah

Utusan Kremlin Dmitry Kozak mengatakan, hasil utama dari pembicaraan empat arah yang juga melibatkan Prancis dan Jerman adalah kesepakatan untuk mempertahankan gencatan senjata.

“Terlepas dari semua perbedaan interpretasi, kami sepakat bahwa gencatan senjata (di timur Ukraina) harus dipertahankan oleh semua pihak sesuai dengan kesepakatan,” ujar Kozak.

Mengumumkan bahwa putaran baru pembicaraan akan diadakan di Berlin dalam dua minggu, dia menambahkan: “Kami membutuhkan jeda tambahan. Kami berharap proses ini akan membuahkan hasil dalam dua minggu.”

Kozak menyebutkan bahwa pembicaraan Berlin akan berlangsung pada tingkat yang sama dengan sesi Paris yang melibatkan utusan diplomatik. “Untuk saat ini pertemuan puncak yang melibatkan kepala negara tidak ada dalam agenda,” ungkap Kozak.

“Kami berharap rekan-rekan kami memahami argumen kami dan bahwa dalam dua minggu kami akan mencapai hasil,” kata Kozak, yang juga wakil kepala pemerintahan Presiden Vladimir Putin.

Dia bersikeras bahwa situasi di timur Ukraina -,di mana separatis pro-Rusia telah menyatakan wilayah yang memisahkan diri,- dan ketegangan di sepanjang perbatasan adalah “dua masalah yang terpisah”.

Utusan Ukraina Andriy Yermak, berbicara kepada wartawan secara terpisah, mengatakan bahwa pembicaraan itu “tidak mudah”.

“Dukungan untuk gencatan senjata berkelanjutan sangat penting,” tegasnya, seraya menambahkan bahwa ada perbedaan interpretasi atas Perjanjian Minsk yang mengakhiri pertempuran terburuk pada tahun 2014.

“Yang sangat penting adalah bahwa komunike hari ini adalah dokumen bermakna pertama yang berhasil kami sepakati sejak Desember 2019, ketika Presiden Vladimir Putin dan mitra Ukraina Volodymyr Zelensky bertemu di Paris,” pungkas Yermak.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *