BOR Tembus 45 Persen, KSP Ungkap Warga DKI Mulai Kesulitan Cari RS

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Abraham Wirotomo mengungkap warga mulai kesulitan mencari rumah sakit. Dia berkata rumah sakit, khususnya di Jakarta, sudah mulai penuh karena peningkatan kasus virus corona (Covid-19).

Abraham mengatakan sebagian besar pasien Covid-19 di Jakarta bergejala ringan atau tanpa gejala. Padahal, pemerintah menyiapkan rumah sakit untuk merawat pasien Covid-19 bergejala sedang dan berat.

“Data per Rabu kemarin, BOR (bed occupancy rate) rumah sakit di Jakarta mencapai 45 persen. KSP sudah mulai menerima laporan warga yang kesulitan mencari rumah sakit,” kata Abraham dalam keterangan tertulis, Kamis (27/1).

Abraham meminta masyarakat tidak perlu panik. Dia mengimbau masyarakat isolasi mandiri di rumah masing-masing jika terpapar Covid-19 dengan gejala ringan atau tanpa gejala.

Ia menekankan rumah sakit disiapkan untuk pasien Covid-19 bergejala sedang dan berat. Pemerintah telah menyiapkan 82.168 tempat tidur di 1.011 rumah sakit untuk pasien Covid-19.

“Konversi bed untuk Covid-19 terus dilakukan dan untuk stok obat-obatan di rumah sakit juga sudah distribusikan oleh Kemenkes,” ujarnya.

Sebelumnya, Indonesia mengalami lonjakan kasus Covid-19 sejak penemuan kasus Covid-19 varian Omicron pada 16 Desember 2021. Saat ini, jumlah kasus aktif mencapai 29.277 kasus.

Tambahan kasus harian pun terus meningkat. Pada Rabu (26/1), jumlah kasus baru mencapai 7.010 kasus.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *