Beijing Konfirmasi Kasus Lokal Perdana Omicron Jelang Olimpiade 2022

Beijing melaporkan kasus lokal perdana varian Covid-19 Omicron pada Sabtu, 15 Januari, beberapa pekan menjelang Olimpiade Musim Dingin 2022. Menurut laporan stasiun televisi nasional Tiongkok, individu terinfeksi Omicron ini tinggal di distrik Haidian, dan tidak memiliki rekam jejak perjalanan ke luar Beijing dalam dua pekan terakhir.

Dilansir dari lbc.co.uk, Minggu, 16 Januari 2022, individu tersebut mengalami gejala-gejala Covid-19 pada Kamis kemarin dan menjalani tes satu hari setelahnya. Memasuki hari Sabtu, otoritas Beijing mengonfirmasi diagnosis Omicron.

Infeksi lokal ini terjadi kurang dari tiga pekan menjelang Olimpiade Beijing 2022 yang dijadwalkan berlangsung pada 4 Februari mendatang, dan sekitar dua pekan sebelum perayaan Hari Raya Imlek di Tiongkok.

Sejauh ini, sejumlah kota di Tiongkok telah melaporkan infeksi Omicron, termasuk Zhuhai dan Zhongshan di provinsi Guangdong. Kasus Omicron juga tercatat di Tianjin, kota yang dapat ditempuh dalam waktu 30 menit dari Beijing dengan menggunakan kereta cepat.

Otoritas Tiongkok menyerukan semua warga untuk tetap berada di kota masing-masing selama imlek. Tradisi pulang kampung yang biasa digelar tiap tahun diminta untuk ditunda di lain waktu.

Tiongkok masih menerapkan strategi “nol kasus Covid-19” sejak awal pandemi. Strategi ini mendapat sejumlah kritikan, yang menilai bahwa Covid-19 tidak akan bisa dihilangkan sepenuhnya dari negara mana pun di dunia.

Dalam beberapa pekan terakhir, wabah Covid-19 terjadi di beberapa kota di Tiongkok, yang direspons dengan kebijakan penguncian (lockdown) ketat seperti yang terjadi di Wuhan pada 2020.

Selama lockdown berlangsung, otoritas setempat, seperti di kota Xi’an, melakukan tes massal Covid-19 ke seluruh warga tanpa terkecuali.

Sabtu kemarin, Tiongkok mencatat 119 kasus baru Covid-19, yang 65 di antaranya adalah infeksi domestik. Sejak awal pandemi, Tiongkok mencatat total 104.864 kasus Covid-19.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *