Gempa Bumi Magnitudo 6,0 Guncang Taiwan

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,0 melanda Taiwan hari ini, Senin, 3 Januari 2022, menurut catatan Biro Cuaca Pusat Taiwan. Pusat Seismologi Mediterania Eropa (EMSC), kekuatan gempa berada di angka 5,7.

Sementara menurut Badan Survei Geologi Amerika Serikat atau USGS, kekuatan gempa di Taiwan mencapai magnitudo 6,2.

Biro Cuaca Pusat Taiwan mencatat kedalaman gempa mencapai sekitr 19 kilometer dari permukaan laut. “Pusat gempa berada di lautan yang berjarak 56 kilometer dari kota pesisir Hualien, Taiwan bagian timur,” kata USGS, dikutip dari AFP.

Seorang reporter AFP di Taiwan melaporkan, gedung-gedung sempat bergoyang cukup kencang ketika gempa mengguncang sekitar pukul 17.46 waktu setempat. Gempa terjadi di saat sebagian pekerja sedang dalam perjalanan menuju rumah masing-masing.

“Getaran terasa selama 20 detik dengan tanah yang terasa bergoyang ke kanan dan ke kiri,” ucap reporter tersebut.

Taiwan termasuk wilayah yang kerap dilanda gempa mengingat lokasinya di dekat persimpangan dua lempeng tektonik. Sejumlah gempa bumi di sana berpotensi mematikan, meski dampaknya bergantung pada lokasi dan kedalaman pusat gempa.

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,5 juga sempat mengguncang Yilan pada Oktober lalu. Gempa menyebabkan kerusakan ringan, karena pusatnya ada di kedalaman 67 kilometer.

Sedangkan pada 2018, Kota Hualien diguncang gempa berkekuatan magnitudo 6,4. Sebanyak 17 orang tewas dan korban luka hampir 300 orang.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *