Kasus Selesai, Sunny Dahye Pilih Berdamai dengan Pelaku Penyebar Hoaks, Ini Alasannya

Setelah mengambil langkah hukum karena dituding benci Indonesia oleh akun media sosial anonim, YouTuber Sunny Dahye memilih berdamai dengan pelaku.

Melalui unggahan di akun Instagramnya, Sunny Dahye membagikan surat perjanjian perdamaian dengan pelaku penyebar berita bohong soal dirinya.

Pelaku telah mengakui bahwa dia menyebarkan berita bohong terkait konten puasa Sunny Dahye, editor Sunny Dahye yang tidak dibayar, dan Sunny Dahye menyebut orang Indonesia bodoh.

“Karena Pihak Pertama telah mengakui perbuatannya, maka Pihak Kedua menerima permohonan maaf Pihak Pertama dan juga sudah memaafkan Pihak Pertama dengan tulus dan ikhlas karena pihak pertama adalah anak di bawah umur,” demikian isi surat perjanjian yang ditandatangani oleh Sunny Dahye.

Sunny Dahye juga menuliskan surat untuk penggemarnya. Dia menjelaskan alasan tidak ingin melanjutkan kasus ini setelah pelaku terbukti bersalah.

Selain karena pelaku, yaitu pemilik akun anonim @Sunnysaliar2, sudah meminta maaf, Sunny mengaku ingin hidup dengan membuka lembaran baru.

“Untuk kebaikan bersama, aku ingin menutup halaman ini dan move on ke halaman baru dalam hidup aku,” tulis Sunny dikutip Kompas.com dari Instagram @sunnydahye, Jumat (31/12/2021).

Pada Agustus 2021, nama Sunny Dahye mendadak viral usai sebuah akun media sosial anonim menyebarkan hoaks soal dirinya.

Hoaks bahwa Sunny Dahye menyebut orang Indonesia bodoh berhasil menyulut emosi warganet Indonesia hingga YouTuber berkebangsaan Korea Selatan itu ramai dihujat hingga mendapatkan ancaman pembunuhan.

Bersama tim kuasa hukumnya, Philipus Sitepu dan Dito Sitompul, Sunny Dahye yang masih berada di Korea Selatan melaporkan 27 akun media sosial yang diduga telah melanggar UU ITE Pasal 27 ayat 3 dan ayat 4 mengenai penghinaan dalam media elektronik maupun mencemaran nama baik, dan adanya ancaman kekerasan.

Kasus ini sempat membuat Sunny Dahye memutuskan hiatus dari YouTube dan Instagram.

Dalam pesan yang bagikan di akun Instagramnya, Sunny menganggap pengalaman itu sebagai pengalaman terburuk dalam hidupnya.

“Ketika kasus ini sempat viral, aku dapat banyak banget notifikasi hate di sosial media dan juga temen2 aku sampai keluarga aku juga terkena dampak dari kasus ini lewat sosial media, sampai aku tidak ingin buka handphone aku,” tulis Sunny.

Tapi, Sunny mengaku bisa kembali bangkit karena mendapatkan banyak dukungan dari penggemarnya, Sunshine.

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Kompas.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *