Kamila Andini Lega Film Yuni Segera Tayang di Bioskop

Film Yuni dijadwalkan tayang di bioskop-bioskop Indonesia mulai 9 Desember 2021. Film ini sebelumnya telah diputar di berbagai festival film internasional dan mendapatkan nominasi.

Film Yuni masuk 14 nominasi Piala Citra di Festival Film Indonesia 2021 dan nominasi Achievement in Directing di Asia Pacific Screen Awards. Juga menjadi perwakilan Indonesia untuk kategori Best International Feature Film dalam ajang penghargaan Academy Awards ke-94 atau Piala Oscar 2022.

Selain itu, memenangkan beberapa penghargaan. Di antaranya, Platform Prize di Toronto International Film Festival 2021, Snow Leopard untuk Aktris Terbaik di Asian World Film Festival 2021, Piala Citra untuk kategori Pemeran Utama Perempuan Terbaik, dan Silver Hanoman di Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2021.

“Senang sekali bisa menayangkan film yang memang dibuat untuk bioskop, setelah apa yang terjadi selama pandemi dan juga setelah film ini ditayangkan di negara lain,” ujar sutradara film Yuni, Kamila Andini, dalam siaran pers.

“Film ini saya buat untuk Indonesia, dan tidak ada hal yang lebih membahagiakan daripada merayakannya di Indonesia. Cerita Yuni dimulai dari sebuah percakapan sederhana dengan seorang ibu, dan cerita ini telah berkembang menjadi cerita yang membebaskan diri. Semoga cerita ini bisa menjadi refleksi kita semua,” tambahnya.

Film Yuni merupakan film panjang ketiga garapan sutradara Kamila Andini yang ditulis bersama Prima Rusdi. Film ini diproduseri oleh Ifa Isfansyah dari Fourcolours Films dan Chand Parwez Servia dari Starvision.

Film Yuni bercerita tentang seorang gadis remaja cerdas dengan impian besar untuk kuliah. Ketika dua pria yang hampir tidak dikenalnya datang melamar, ia menolak lamaran mereka.

Penolakan itu memicu gosip tentang mitos bahwa seorang perempuan yang menolak tiga lamaran tidak akan pernah menikah. Tekanan semakin meningkat ketika pria ketiga melamarnya, dan Yuni harus memilih antara mempercayai mitos atau mengejar impiannya.

Film Yuni diperankan oleh Arawinda Kirana, Kevin Ardilova, Dimas Aditya, dan Asmara Abigail. Ada juga Marissa Anita, Ayu Laksmi, Nazla Thoyib, Neneng Risma, Vania Aurell, Boah Sartika, Anne Yasmine, Muhammad Khan, Toto ST. Radik, Mian Tiara, dan Sekar Sari.

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Antaranews

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *