Iwan Fals Wujudkan Lagu Patah dalam Bentuk Film Pendek

Iwan Fals meluncurkan single ketiga dari album Pun Aku, Patah, di Jakarta pada Senin, 6 Desember 2021. Lagu ini ditulis oleh Enda Ungu dengan produser Pay Burman, Lafa Pratomo, dan Rambu Cikal.

Rambu Cikal kemudian menggagas interpretasi lebih dalam untuk lagu Patah menjadi film pendek. Dengan begitu, Patah bukan hanya sebuah karya audio yang bermula dengan tarikan harmonika, melainkan juga melibatkan seni peran.

“Ada daya magis gambar visual yang bisa membuat kisah menjadi lebih hidup. Itu yang kami kejar,” kata Cikal. Film pendek ini digarap oleh Miura Films dan sutradara Gianni Fajri. Aktor yang berperan adalah Reza Rahadian dan Marsha Timothy. Masing-masing sebagai Jaka dan Aruna.

Enda Ungu mengatakan, lagu Patah bercerita tentang makna dari patah hati. “Patah hati yang sebenarnya adalah bersama di dalam kebimbangan,” katanya. Lagu dan film Patah mengisahkan pasangan yang terjebak dengan trauma masing-masing seraya berusaha mempertahankan hubungan dengan luka-lukanya.

Proses pembuatan film pendek Patah yang bermula dari lagu Patah Iwan Fals. Dok. Musica Studio’s

Marsha Timothy merasa tertantang dalam film ini. “Waktu pertama dengar lagunya kemudian membaca sinopsis, yang terlintas adalah pertanyaan, ‘apakah gue mampu memberikan emosi yang diinginkan sutradara dalam waktu yang cukup singkat?’,” kata Marsha.

Sementara Reza Rahadian begitu bersemangat bermain film Patah sejak mendengar lagunya. “Gue jatuh cinta saat mendengarkan lagu ini pertama kali. Langsung patah pas denger,” ucapnya. Penonton akan masuk ke dalam ruang-ruang gelap para tokoh. Pertikaian adalah sesuatu yang dekat. Terkadang cukup berhenti di peristiwanya, terkadang mengambil pelajaran darinya.

Film Patah mencerminkan keseharian manusia ketika berhadapan dengan konflik. Siapa pun bisa lepas kendali: menangis sekencang-kencangnya, berteriak, berlari, namun kemudian sepakat untuk mencari kedamaian dengan rekonsiliasi demi menyelesaikan persoalan. “Reza dan Marsha bisa masuk ke peran Jaka dan Aruna,” kata Iwan Fals.

Lagu Patah menjadi satu dari sebelas komposisi dalam album Pun Aku yang rilis di hari ulang tahun Iwan Fals ke-60 pada 3 September 2021. Dalam album ini, Iwan Fals mengeksplorasi berbagai pengalaman baru, salah satunya dengan menjadikannya film pendek yang mengiringi lagu.

 

 

Sumber : tempo.co
Gambar : MSN

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *