Petr Fiala Resmi Jadi PM Baru Republik Ceko

Presiden Republik Ceko Milos Zeman menetapkan Petr Fiala sebagai perdana menteri baru pada Minggu, 28 November 2021. Penetapan ini dilakukan usai Fiala berhasil menang dalam pemilihan umum bulan lalu.

Memimpin koalisi tengah-kanah, Fiala mampu menggulingkan PM populis Andrej Babis dengan dibantu sejumlah partai sayap kiri.

Dilansir dari DW, Zeman meninggalkan rumah sakit pada Sabtu kemarin usai menjalani perawatan medis. Belakangan ini, ia juga pernah dinyatakan positif Covid-19.

Dalam penetapan PM baru hari ini, Zeman dan Fiala berada di satu ruangan, namun dipisahkan dengan semacam sekat kaca. Pelantikan Fiala dilakukan di kediaman Zeman di dekat ibu kota Praha.

“Saya yakin, kami dapat segera membentuk pemerintahan yang kuat dan stabil,” kata Fiala.

Fial, 57, memimpin koalisi tiga partai yang diberi nama dengan Together. Koalisi ini berhasil meraih 27,8 persen suara dalam pemilu Republik Ceko bulan lalu.

Koalisi Fiala berhasil menang tipis dari gerakan ANO yang dipimpin miliarder petahana Andrej Babis.

PM baru Republik Ceko diharapkan dapat memimpin negara melewati pandemi Covid-19, yang jumlah kasus hariannya belakangan ini melonjak di benua Eropa.

Republik Ceko menghadapi lonjakan infeksi harian Covid-19. Kamis kemarin, Republik Ceko telah memberlakukan berbagai pembatasan, termasuk aturan jam operasional restoran, bar, dan kelab malam. Semua pasar Natal juga ditutup di jam tertentu.

Banyak rumah sakit di Republik Ceko sudah mencapai kapasitas penuh, dan sejumlah pakar mengingatkan bahwa langkah-langkah yang lebih ketat diperlukan untuk menekan jumlah pasien.

Selain pandemi Covid-19, pemerintahan baru Republik Ceko juga harus mengatasi masalah inflasi dan energi menjelang natal dan tahun baru.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *