Jokowi: Hati-hati, Covid-19 di Eropa dan Amerika Sedang Tinggi-tingginya

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan semua pihak untuk mewaspadai potensi kenaikan kasus Covid-19. Pasalnya, kata dia, saat ini negara di Eropa dan Amerika tengah mengalami lonjakan kasus virus corona yang signifikan.

“Hati-hati, saya ingin mengingatkan kembali di Eropa, di Amerika ini sedang tinggi-tingginya. Muncul setelah gelombang 1, gelombang 2, gelombang 3, gelombang 4 muncul,” jelas Jokowi saat berpidato di Peresmian Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional dan Anugerah Layanan Investasi Tahun 2021 di Jakarta, Rabu (24/11/2021).

Dia bersyukur kondisi Covid-19 di Indonesia masih cukup terkendali dan tak mengalami lonjakan kasus yang tinggi. Untuk itu, Jokowi mengajak semua pihak bersama-sama menjaga kondisi Covid-19 di tanah air, khususnya dalam menghadapi Natal dan Tahun Baru.

“Oleh sebab itu, saya kemarin rapat marilah kita bersama-sama utamanya menghadapi natal dan tahun baru. Kita kendalikan bersama-sama dalam rangka ekonomi kita agar bisa lebih baik,” ujarnya.

Jokowi menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung hampir dua tahun membawa dampak yang luar biasa bagi Indonesia dan dunia. Dampak tersebut di luar perkiraan dan tak terduga sebelumnya.

“Banyak negara yang mengalami kelangkaan energi, yang sebelumnya tidak kita duga, banyak negara mengalami kelangkaan kontainer sehingga distribusi barang menjadi terganggu,” katanya.

Ketidakpastian Global

Selain itu, banyak negara mengalami kenaikan inflasi yang menakutkan semua negara. Beberapa negara juga mengalami kenaikan harga produsen yang akan berdampak pada kenaikan harga konsumen.

“Inilah yang sering saya sampaikan ketidakpastian global yang semua kepala daerah, kepala dinas semuanya harus mengerti dan mampu mengantisipasi, menyiapkan antisipasinya sebelumnya,” tuturnya.

Oleh sebab itu, Jokowi meminta semua pihak untuk bersama-sama mengendalikan kasus Covid-19 di Indonesia. Hal ini agar ekonomi nasional dapat pulih dan bergairah kembali.

“Inilah kenapa saya kadang bicara keras kepada gubernur, bupati, dan walikota karena memang kuncinya ada di situ. Tanpa kita bisa mengendalikan covid jangan berharap yang namanya pertumbuhan ekonomi itu ada,” jelas Jokowi.

 

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Tribun

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *