Perdana Menteri Prancis Jean Castex Positif Covid-19

Perdana Menteri Prancis Jean Castex dinyatakan positif Covid-19, setelah salah satu anak perempuannya terinfeksi virus tersebut, ungkap keterangan dari kantornya di Paris, Senin, 22 November. Castex, 56, berstatus kontak dekat usai putrinya yang berusia 11 tahun terkena Covid-19.

Sebelum dinyatakan sebagai kontak dekat, Castex sempat bertolak menuju Brussels untuk menggelar pertemuan bilateral dengan PM Belgia Alexander De Croo. Dari sana, ia menyampaikan pidato nasional mengenai masalah wilayah Guadeloupe.

Ia sempat menyerukan agar semua warga yang ada di pulau Guadeloupe untuk mengikuti program vaksinasi Covid-19.

Dilansir dari Anadolu Agency, Selasa, 23 November 2021, Castex kini sedang menjalani isolasi mandiri dan melakukan berbagai pertemuan penting secara virtual. Castex terinfeksi Covid-19 walau sudah menerima dua dosis vaksin Covid-19 di bulan April.

Laporan kasus positif Castex muncul di tengah lonjakan infeksi Covid-19 di Prancis, yang disebut-sebut sebagai awal dari gelombang kelima.

Juru bicara pemerintah Prancis, Gabriel Attal, mengatakan pada akhir pekan kemarin bahwa lonjakan kasus di seantero negeri mencapai hampir 80 persen dalam sepekan, dengan angka rata-rata kasus mencapai 17 ribu per hari.

Sekolah di 61 wilayah Prancis telah mewajibkan penggunaan masker bagi semua siswa di tengah lonjakan kasus saat ini.

Setidaknya 10 menteri Prancis, termasuk Menteri Dalam Negeri Gerald Darmanin, Menteri Pertahanan Florence Parly, Menteri Kebudayaan Roselyn Bachelot, dan Menteri Junior Urusan Eropa Clement Beaune, kini dinyatakan kontak dekat karena pernah bertemu Castex belakangan ini. Mereka semua dijadwalkan menjalani tes PCR.

De Croo dan empat menteri di kabinet Belgia yang pernah bertemu Castex juga dinyatakan kontak dekat dan saat ini sedang menjalani karantina mandiri.

 

 

 

 

Sumber : .medcom.id
Gambar : iNews

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *