Selamat! Wakil Indonesia Terpilih Jadi Sekjen IORA 2022-2024

Duta Besar RI untuk Afrika Selatan, Salman Al Farisi terpilih sebagai Sekretaris Jenderal Indian Ocean Rim Association (IORA) periode 2022 – 2024. Penetapan Sekjen IORA dilaksanakan pada Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) IORA yang ke-21 di Dhaka, Bangladesh, Rabu, 17 November 2021.

Ikut dalam pencalonan ini, ada wakil dari Sri Lanka dan Malaysia.

“Terpilihnya wakil dari Indonesia sebagai Sekretaris Jenderal IORA sangat membanggakan. Untuk pertama kalinya wakil Indonesia menduduki jabatan strategis tertinggi di IORA sejak pembentukannya di tahun 1997, dan ini diperoleh melalui upaya diplomasi yang baik,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dikutip dari pernyataan tertulis Kementerian Luar Negeri.

Dalam pernyataannya di hadapan negara-negara anggota IORA usai pemilihan, Menlu menyampaikan apresiasi atas dukungan yang mereka berikan kepada kandidat Indonesia.

Dia yakin sebagai Sekjen IORA, Dubes Salman Al Farisi akan berkontribusi optimal dalam mengembangkan organisasi.

“Dengan pengalamannya yang luas, Dubes Al Farisi akan memberikan kontribusi maksimal dalam mengembangkan organisasi dan meningkatkan kapasitas Sekretariat IORA agar dapat melayani dan memfasilitasi negara-negara anggota dengan lebih baik,” lanjut Retno.

Ia juga menyampaikan apresiasi atas proses pemilihan Sekjen IORA yang dilakukan secara berimbang, transparan, dan inklusif. Hal tersebut penting untuk memperkuat kapasitas kelembagaan IORA.

“Dalam situasi penuh tantangan seperti sekarang, anggota IORA tidak punya pilihan selain bersatu dan berkolaborasi mengatasi pandemi bersama-sama dan mendorong pemulihan ekonomi. Mari bekerja bersama, recover together, recover stronger,” serunya.

Kepemimpinan Indonesia sebagai Sekjen IORA diharapkan dapat berkontribusi dalam pemajuan kerjasama IORA. Indonesia berharap IORA dapat bergerak lebih cepat, dapat menghadapi tantangan masa kini dan masa depan.

Dubes Salman Al Farisi akan menjalankan tugas sebagai Sekjen IORA efektif mulai 1 Januari 2022, dengan masa jabatan selama tiga tahun.

IORA merupakan pelopor dan satu-satunya organisasi regional dengan cakupan seluruh wilayah Samudra Hindia. Prioritas kerja sama dalam kerangka IORA utamanya antara lain memperkuat kerja sama ekonomi, maritim dan pembangunan berkelanjutan di dalam Kawasan Sumadera Hindia. IORA memiliki 23 negara anggota dan sembilan mitra wicara.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : BacaSaja.Today

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *