Shin Tae Yong Siap Tanggung Jawab Hasil Indonesia di Piala AFF

Shin Tae Yong mengaku siap mempertanggungjawabkan hasil yang diraih oleh Timnas Indonesia saat tampil di Piala AFF 2020 (2021).
Timnas Indonesia tergabung di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos di Piala AFF 2020. Pertandingan ini akan berlangsung di Singapura mulai 5 Desember dan lawan pertama adalah Kamboja.

“Saya akan bertanggung jawab dengan hasil di Piala AFF karena para pemain saat ini adalah pemain yang saya lihat dan saya pilih sendiri setelah menyaksikan kompetisi,” ucap Shin Tae Yong saat pelepasan pemain untuk dua laga uji coba di Turki, Kamis (11/11).

Ini seperti jawaban dari Shin atas ancaman Iriawan yang mengatakan bakal mengevaluasi pelatih 52 tahun ini jika gagal memberi gelar juara Piala AFF. Pasalnya Shin pernah berjanji memberi gelar.

Itu terjadi saat proses wawancara pada akhir 2019. Ketika itu ada dua calon, Luis Milla Aspas dan Shin. Dari kedua kandidat ini hanya Shin sanggup memenuhi target juara Piala AFF, sedangkan Milla tak bisa memberi jaminan.

Untuk mewujudkan ambisinya itu Shin menerapkan disiplin ketat. Pemain-pemain yang tidak bisa menjaga harkat Merah Putih niscaya dicoret. Sudah banyak pemain seperti ini yang dikesampingkan Shin.

Beberapa di antaranya adalah Osvaldo Haay, Nurhidayat Haji Haris, Yudha Febrian, hingga Rifad Marasabessy. Dalam sambutannya Shin menegaskan tak menolerir tindakan indisipliner selama di Timnas Indonesia.

Selama hampir dua tahun menangani Timnas Indonesia, Shin menilai Evan Dimas dan kawan-kawan mulai memahami keinginannya. Mentalitas pemain pun dianggap meningkat pesat dibanding sebelum-sebelumnya.

“Jika pemain mentalnya seperti saat ini, niscaya bisa mendapatkan hasil terbaik [juara] di Piala AFF nanti. Tetapi saya minta tolong kepada pemain, harus lebih kuat mentalnya dan setiap pertandingan harus dianggap final. Harus berjuang lebih keras,” ujarnya.

Mantan pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 ini menambahkan keinginannya membawa Timnas Indonesia juara bukan sekadar memenuhi target. Ia ingin pemain membuat bahagia masyarakat Indonesia.

“Semoga para pemain [Timnas Indonesia] bisa menunjukkan hasil yang sangat maksimal agar bisa memuaskan masyarakat Indonesia,” kata Shin.

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *