Jokowi Bertolak ke Glasgow untuk Hadiri KTT COP26

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melanjutkan lawatan kerja luar negerinya ke Glasgow, Skotlandia, usai menghadiri rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Roma Italia, pada 30-31 Oktober 2021.

Adapun Jokowi akan berpartisipasi dalam KTT Pemimpin Dunia COP26.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi beserta rombongan bertolak dari Bandara Internasional Fiumicino, Roma pada Minggu, 31 Oktober 2021, sekitar pukul 20.00 waktu setempat.

Tampak melepas keberangkatan Jokowi antara lain Duta Besar RI untuk Italia R.A. Esti Andayani dan Atase Pertahanan RI Roma Kolonel Laut Wachyad.

Di Glasgow, Jokowi diagendakan menghadiri sejumlah agenda kerja. Khususnya, menghadiri KTT Pemimpin Dunia COP26 yang akan digelar pada tanggal 1 sampai 2 November 2021.

KTT G20
Sebelumnya, selama di Roma, Jokowi mengikuti sejumlah agenda kerja. Mulai dari, sesi KTT G20 maupun pertemuan-pertemuan bilateral dengan para pemimpin negara maupun organisasi internasional.

Di hari pertama, dia mengikuti sesi KTT G20 tentang ekonomi dan kesehatan global. Jokowi juga menjadi salah satu pembicara kunci pada side event KTT G20 yang membahas soal UMKM dan bisnis milik perempuan.

Selain itu, Jokowi menggelar tiga pertemuan bilateral bersama pemimpin negara yaitu Perdana Menteri Australia, Presiden Perancis, Presiden Turki dan pertemuan dengan Bank Dunia.

Di hari kedua, Jokowi berbicara pada sesi KTT G20 yang membahas topik perubahan iklim, energi, dan lingkungan hidup, serta pada sesi yang membahas tentang pembangunan berkelanjutan,

Di sela-sela KTT G20, dia juga menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Dewan Eropa, Charles Michel dan Perdana Menteri India Narendra Modi.

Adapun pada KTT Rantai Pasok Global, Jokowi mengajak para pemimpin untuk mewujudkan ekosistem rantai pasok global yang tangguh.

Pada penutupan KTT G20, Jokowi secara resmi menerima tongkat estafet keketuaan atau presidensi G20 dari PM Italia Mario Draghi. Jokowi turut mengundang para pemimpin untuk hadir pada KTT G20 yang rencananya digelar di Bali pada 30-31 Oktober 2022.

 

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *