Kasus Covid-19 di Polandia Kembali Meningkat Jelang Musim Dingin

Kasus covid-19 di Polandia kembali meningkat dalam dua hari terakhir. Menteri Kesehatan Polandia, Adam Noedzielski menuturkan, perlu langkah drastis untuk menurunkan kembali kasus.

“Selama dua hari terakhir, kita telah melihat ledakan pandemi,” kata Niedzielski, dilansir dari AFP, Kamis, 21 Oktober 2021.

Untuk pertama kalinya sejak Mei, Polandia mencatat lebih dari 5 ribu kasus harian. Menurut Niedzielski, jika pencegahan tidak segera dilakukan, pekan depan angka harian covid-19 di sana bisa jauh di atas 5 ribu.

Ini tergolong tinggi apabila dibandingkan dengan jumlah rakyatnya. Sejauh ini sudah 50 persen penduduk yang menerima vaksinasi dosis lengkap.

Tak hanya di Polandia, kasus covid-19 juga terpantau meningkat di negara lain di Eropa. Kasus covid-19 di Benua Biru meningkat hingga tujuh persen.

Secara total, sepekan terakhir di Eropa ada 2,7 juta kasus positif baru dan 46.000 kematian. Negara-negara penyumbang kasus terbanyak adalah Inggris, Rusia, dan Turki.

Pemerintah setiap negara menanggapi dengan berbagai sikap. Ada yang menerapkan peraturan lebih ketat, ada juga yang menghindar dan bersikap seolah situasi aman terkendali.

Di Inggris, selama satu pekan terakhir terdapat rata-rata 40.000 kasus positif per hari. Padahal, sudah 66 persen penduduk negara ini yang divaksin lengkap.

Himpunan dokter dan rumah sakit mengeluarkan peringatan kepada pemerintah agar mengambil langkah tegas. Apalagi, musim dingin akan segera datang dan risiko penurunan daya tahan tubuh meningkat.

Jika tidak ada langkah tegas, rumah sakit akan terancam kewalahan menangani pasien.

 

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : indonews.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *