Wapres Dorong BPS Hasilkan Data Berkualitas

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mendorong Badan Pusat Statistik (BPS) menghasilkan data berkualitas. Sebab, data berperan penting dalam proses pembangunan Indonesia.

“Saya mendorong peran insan statistik untuk terus menghasilkan data statistik yang berkualitas. Data dan informasi statistik memiliki peran yang sangat penting dalam proses perencanaan dan evaluasi pembangunan,” kata Ma’ruf dalam keterangan video di Jakarta, Senin, 27 September 2021.

Ma’ruf menuturkan dengan informasi dan tata kelola data statistik yang baik,implementasi kebijakan pemerintah dapat akurat dan tepat sasaran. Terutama terkait program-program yang langsung menyentuh masyarakat.

“Seperti percepatan penanggulangan kemiskinan dan percepatan pencegahan stunting,” papar dia.

Ma’ruf juga mengucapkan selamat Hari Statistik Nasional yang diperingati setiap 26 September. Dia mendorong penyediaan data statistik lebih baik.

“Dengan semangat Hari Statistik Nasional tahun ini, mari kita wujudkan statistik berkualitas untuk Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh,” ujar Ma’ruf.

Sebelumnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa mengatakan data statistik merupakan modal penting bagi pemerintah menyusun perencanaan pembangunan.

“Data teramat penting, tidak hanya sebagai rujukan dalam melakukan analisa tetapi data adalah bagian terpenting dari setiap upaya penyusunan perencanaan,” kata Suharso dalam Seminar Nasional Hari Statistik Nasional 2021 melalui konferensi video, Sabtu, 25 September 2021.

Data juga menjadi informasi penting yang diperlukan untuk menyusun upaya pemerintah, khususnya dalam penanganan pandemi covid-19. Suharso berharap BPS dan seluruh pihak terkait dapat menghasilkan data berkualitas dalam rangka pemenuhan kebutuhan pembangunan nasional.

“Dengan statistik berkualitas, kita menuju Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh,” ujar dia.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Berita Terkini

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *