Gempa Magnitudo 6,0 Guncang Australia, Picu Kerusakan di Melbourne

Sebuah gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,0 mengguncang area dekat Melbourne, Australia, Rabu, 22 September 2021. Disebut-sebut sebagai salah satu yang terbesar di Australia, gempa ini memicu kerusakan sejumlah bangunan di Melbourne — kota terbesar kedua di Australia.

Dilansir dari laman The Star, episentrum gempa berlokasi dekat kota Mansfeld di negara bagian Victoria, sekitar 200 kilometer dari Melbourne, dengan kedalaman 10 km. Guncangan susulan terjadi dengan kekuatan magnitudo 4,0.

Serangkaian foto dan video di media sosial memperlihatkan reruntuhan bangunan di salah satu jalan utama Melbourne. Masyarakat di utara Melbourne mengaku kehilangan aliran listrik usai guncangan.

Kuatnya guncangan terasa hingga ke kota Adelaide dan Sydney, meski sejauh ini laporan kerusakan hanya berasal dari Melbourne.

“Tidak ada laporan korban luka serius. Itu adalah kabar baik, dan kami berharap kabar baik saja yang akan terus muncul,” kata Perdana Menteri Australia Scott Morrison kepada awak media di Washington.

“Gempa semacam ini merupakan kejadian yang sangat langka di Australia. Saya yakin masyarakat cukup stres dan terganggu,” lanjutnya.

Relatif langka, gempa bumi jarang terjadi di wilayah timur Australia karena posisinya terletak di tengah Lempeng Tektonik Indo-Australia, menurut keterangan Geoscience Australia.

Wali Kota Mansfield, Mark Holcombe, mengaku sedang berada di kantornya saat gempa terjadi. “Saya sudah pernah merasakan gempa sebelumnya, dan kali ini sepertinya lebih lama dari pengalaman terdahulu,” sebut Holcombe kepada ABC.

“Satu hal yang mengejutkan saya adalah, gempa ini terdengar begitu berisik, seperti ada truk besar yang baru saja melintas,” sambungnya. Ia mengatakan tidak menerima laporan mengenai kerusakan dekat episentrum gempa.

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *