Gelombang Varian Delta di AS Mendekati Puncak

Gelombang virus korona varian delta di Amerika Serikat (AS) perlahan menuju puncak. Para ahli memperingatkan warga agar tidak berpuas diri dan berharap virus itu akan menjadi endemi.

Menurut data dari Covid Act Now, rata-rata tujuh hari kasus harian pada Senin 13 September adalah 172.000. Angka itu merupakan tingkat tertinggi dari lonjakan kasus, bahkan ketika tingkat pertumbuhan melambat dan kasus sedang menurun di sebagian besar negara bagian.

Tetapi lebih dari 1.800 orang masih sekarat setiap hari, dan lebih dari 100.000 tetap dirawat di rumah sakit karena covid-19 yang parah. Hal tersebut menjadi pengingat suram tentang tantangan yang dihadapi pihak berwenang dalam mendapatkan cukup banyak orang Amerika yang divaksinasi. Proses vaksinasi di AS memang dihadapkan pada banyak hal, termasuk informasi hoaks dan iklim politik yang terpolarisasi.

Bhakti Hansoti, seorang profesor dalam pengobatan darurat di Johns Hopkins University dan ahli dalam perawatan kritis covid-19 mengatakan kepada AFP bahwa dia melihat AS mengikuti lintasan yang serupa dengan India. Negara-negara di Eropa Barat juga mengalami penurunan serupa di gelombang Delta mereka.

“Tapi saat Hansoti menghela napas lega saat gelombang musim semi berakhir, “Aku agak ragu kali ini,” kata dia, dikutip dari AFP, Kamis, 16 September 2021.

“Kemungkinan munculnya varian yang lebih baru dan munculnya cuaca dingin yang mengarah ke lebih banyak sosialisasi di dalam ruangan dapat menyebabkan lonjakan lagi. Kecuali kita belajar dari pelajaran dari gelombang keempat,” tegas Hansoti, seperti dikutip AFP, Kamis 16 September 2021.

Angela Rasmussen, seorang ahli virologi University of Saskatchewan di Kanada menambahkan bahwa dia tidak yakin gelombang keempat telah berakhir.

“Jika Anda melihat gelombang musim gugur-musim dingin, ada periode di mana ada peningkatan eksponensial yang tajam, dan kemudian terlihat seperti sedang jatuh dan kemudian akan ada peningkatan lagi,” sebut Rasmussen.

Untuk memastikan tetap menurunnya angka dipertahankan, peningkatan jumlah orang yang divaksinasi dengan cepat sangat penting. Saat ini 63,1 persen populasi berusia di atas 12 tahun yang memenuhi syarat telah divaksinasi lengkap atau 54 persen dari total populasi.

Ini menempatkan Amerika Serikat jauh di belakang dari beberapa negara seperti Portugal dan Uni Emirat Arab (UEA), meskipun pasokan vaksin di AS masih banyak. Portugal hingga saat ini sudah 81 persen populasi yang divaksin penuh, sementara UEA mencapai 79 persen.

Menjadi endemik

Meskipun jumlah kasus varian Delta telah mengungguli semua varian sebelumnya dan saat ini dominan, SARS-CoV-2 terus berkembang pesat dan ahli virologi khawatir bahwa varian yang lebih berbahaya mungkin muncul.

“Saya tidak ingin menjadi peramal, tetapi saya juga ingin memiliki kerendahan hati, karena saya rasa kita tidak tahu banyak tentang fungsi dasar dari banyak mutasi ini,” kata Rasmussen.

Namun, para ahli berharap bahwa vaksin akan terus menumpulkan hasil terburuk bagi kebanyakan orang dan menantikan otorisasi mereka pada anak di bawah 12 tahun di bulan-bulan mendatang.

Diperkirakan bahwa populasi tertentu seperti orang tua dan mereka yang memiliki sistem kekebalan yang lemah mungkin memerlukan booster serta tingkat vaksinasi komunitas yang tinggi untuk melindungi mereka.

Alih-alih pemberantasan, tujuannya telah bergeser ke arah menjinakkan virus untuk orang yang divaksinasi sehingga dalam kasus infeksi terobosan yang jarang terjadi, penyakit ini lebih mirip flu.

Namun, ketidakpastian tetap ada: misalnya, orang dengan terobosan infeksi covid-19 mungkin masih mendapatkan Covid yang lama.

Greg Poland, seorang ahli penyakit menular di Mayo Clinic, memperkirakan umat manusia akan berurusan dengan Covid “melewati umur banyak generasi berikutnya.” “Kami masih melakukan imunisasi terhadap aspek virus influenza 1918,” katanya.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *