Vietnam Peringatkan Risiko Banjir dan Tanah Longsor Akibat Badai Conson

Pihak berwenang Vietnam memperingatkan risiko banjir dan tanah longsor dipicu Badai Tropis Conson. Peringatan ini bahkan dikeluarkan setelah sistem tekanan melemah di lepas pantai tengah negara tersebut.

Hujan deras yang dibawa Badai Conson menewaskan seorang warga, merusak 31 rumah, dan membanjiri lebih dari 1.000 hektar sawah di Vietnam tengah.

Pekan lalu, pihak berwenang menempatkan 500 ribu tentara dalam keadaan siaga, menyiapkan rencana evakuasi dan memerintahkan kapal untuk tetap berada di pelabuhan saat negara itu bersiap untuk kedatangan badai.

“Daerah dari Quang Binh hingga Quang Ngai dan Kon Tum menghadapi ancaman tanah longsor dan banjir,” kata badan cuaca Vietnam dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Malay Mail, Senin, 13 September 2021.

Sejauh ini, tidak ada kerusakan yang dilaporkan di perkebunan kopi Dataran Tinggi Tengah, jalur pertumbuhan utama negara itu.

“Perkebunan kopi aman dan kami berharap mulai memanen pada November nanti,” tutur petani kopi Tran Dinh Trong dari Provinsi Dak Lak.

Vietnam sangat rentan terhadap badai dan banjir karena garis pantainya yang panjang. Bencana alam menewaskan sekitar 379 orang dan melukai 1.060 lainnya di negara itu tahun lalu.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *