PBB: Taliban Janji Jamin Keselamatan Pekerja Kemanusiaan

Taliban berjanji untuk menjamin keselamatan pekerja kemanusiaan dan akses bantuan ke Afghanistan. Janji tersebut disampaikan Taliban dalam pertemuan dengan kepala kemanusiaan PBB di Kabul, Minggu, 5 September 2021.

Martin Griffiths berada di ibu kota Afghanistan untuk melakukan pertemuan dengan para pemimpin Taliban.

“Pihak berwenang (Taliban) berjanji bahwa keselamatan dan keamanan pekerja kemanusiaan dan akses bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan, akan dijamin dan pekerja kemanusiaan – baik perempuan ataupun laki-laki – akan dijamin kebebasan bergerak,” ucap juru bicara PBB, Stephane Dujarric.

Dilansir dari AFP, Senin, 6 September 2021, Griffiths menegaskan, komunitas kemanusiaan berkomitmen untuk memberikan bantuan yang independen. Ia meminta semua pihak untuk memastikan hak dan keselamatan perempuan, baik yang berkontribusi dalam pemberian bantuan, maupun warga sipil.

Namun, delegasi Taliban yang dipimpin salah satu pendiri kelompok itu, Mullah Abdul Ghani Baradar, mengucapkan terima kasih kepada PBB atas janji bantuan kemanuisaan kepada rakyat Afghanistan.

Ia meyakinkan delegasi PBB, bahwa kerja sama dan penyediaan fasilitas yang dibutuhkan akan mereka lakukan.

PBB mengatakan Afghanistan terperosok dalam krisis kemanusiaan yang mempengaruhi 18 juta orang, atau setengah dari populasi.

Bahkan sebelum serangan kilat Taliban yang menggulingkan pemerintah yang didukung Barat pada 15 Agustus, Afghanistan sudah sangat bergantung pada bantuan – dengan 40 persen dari PDB negara itu diambil dari pendanaan asing.

Tetapi masa depan misi bantuan di negara di bawah Taliban telah menjadi sumber perhatian bagi PBB dan kelompok-kelompok bantuan, meskipun Taliban berjanji akan membuat aturan yang lebih lembut daripada selama masa kekuasaan pertama mereka.

Beberapa organisasi bantuan mengatakan, mereka sedang dalam pembicaraan dengan Taliban untuk melanjutkan operasi mereka, atau telah menerima jaminan keamanan untuk program yang ada.

PBB mengatakan minggu ini penerbangan kemanusiaan telah dilanjutkan ke beberapa provinsi Afghanistan.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *