Terjangan Badai Ida Tewaskan 43 Warga Amerika Serikat

Badai Ida menewaskan 43 orang di empat negara bagian Amerika Serikat (AS). Pejabat setempat pada Kamis 2 September 2021 mengakui bahwa peristiwa cuaca ekstrem merupakan ancaman yang mendesak dan berkelanjutan.

Badai itu menewaskan sedikitnya 43 orang di New York, New Jersey, Pennsylvania dan Connecticut dan menyebabkan lebih dari 150.000 rumah tanpa aliran listrik. Keadaan darurat tetap berlaku di seluruh wilayah pada Kamis tengah hari, ketika para pejabat berusaha untuk menangani kerusakan tersebut.

Berbicara dari Gedung Putih, Presiden Biden mengatakan bahwa kerusakan itu mengindikasikan bahwa “badai ekstrem dan krisis iklim ada di sini,” yang merupakan apa yang disebutnya “salah satu tantangan besar di zaman kita.”

Pada konferensi pers di Queens pada Kamis pagi, Gubernur Kathy C. Hochul dari New York mengatakan bahwa dia telah menerima telepon dari Presiden Biden, yang dia katakan “menawarkan bantuan apa pun” ketika negara bagian menilai kerusakan dari Ida, badai yang katanya mewakili new normal.

“Ini harus kita antisipasi sebelumnya, dan bersiaplah,” kata Hochul, seperti dikutip dari The New York Times, Jumat 3 September 2021.

Banjir yang dipicu dari hujan pada Rabu mengubah jalan-jalan dan platform kereta bawah tanah menjadi sungai. Petugas darurat di kapal menyelamatkan orang-orang dari atap mobil.

Sementara ratusan orang dievakuasi dari kereta dan kereta bawah tanah. Sebuah tornado di selatan New Jersey meratakan bentangan rumah, badai juga menyebabkan beberapa sungai di New Jersey dan Pennsylvania masih naik.

Hujan memecahkan rekor yang dibuat hanya 11 hari sebelumnya oleh Badai Tropis Henri, menggarisbawahi peringatan dari para ilmuwan iklim tentang normal baru di planet yang hangat: Udara yang lebih panas menampung lebih banyak air dan memungkinkan badai mengumpulkan kekuatan lebih cepat dan tumbuh semakin besar.

Banyak jalur kereta bawah tanah Kota New York tetap ditangguhkan hingga malam pada Kamis. Bandara sempat dibuka tetapi pada akhirnya ratusan penerbangan dibatalkan.

“Di New York City, korban tewas berkisar dari anak laki-laki berusia 2 tahun hingga wanita berusia 86 tahun,” ujar polisi. Beberapa tenggelam di apartemen bawah tanah di Queens, di mana sistem ruang hidup darurat dan sebagian besar dikonversi secara ilegal bermunculan.

“Pada Kamis, Gubernur Philip D. Murphy dari New Jersey mengumumkan bahwa setidaknya 23 orang di negara bagian itu telah meninggal. Mereka termasuk empat orang yang ditemukan tewas di sebuah kompleks apartemen di Elizabeth dan dua orang tewas di Hillsborough, New Jersey setelah mereka terjebak di dalam kendaraan mereka,” kata seorang juru bicara kota.

Kematian lain terjadi di Passaic, NJ, di mana Sungai Passaic menerobos tepiannya dan ikan-ikan berhamburan di jalanan.

Gubernur Ned Lamont dari Connecticut mengumumkan bahwa negara bagian akan menurunkan bendera setengah tiang untuk menghormati Brian Mohl, seorang sersan polisi negara bagian yang mobilnya tersapu banjir.

Hujan 3,15 inci yang turun di Central Park dalam satu jam pada hari Rabu melampaui rekor curah hujan satu jam sebesar 1,94 inci pada 21 Agustus. Layanan Cuaca Nasional, berjuang untuk menggambarkan tingkat bahaya, menyatakan darurat banjir bandang di Kota New York untuk pertama kalinya.

Di Bergen County, wilayah terpadat di New Jersey, Eksekutif Wilayah James Tedesco, mantan petugas pemadam kebakaran, mengatakan pada Kamis: “Kehancuran belum menyentuh puncaknya tetapi hampir mencapainya. Ini terburuk yang pernah saya lihat.”

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *