Harga Minyak Stabil Usai OPEC+ Sepakat Naikkan Produksi

Harga minyak dunia stabil usai OPEC+ menyepakati meningkatkan produksi secara bertahap pada perdagangan Rabu (1/9), waktu Amerika Serikat (AS).

Mengutip Antara, Kamis (2/9), harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Oktober naik 9 sen menjadi US$68,59 per barel pada perdagangan di New York Mercantile Exchange.

Sementara, minyak mentah Brent untuk pengiriman Oktober dibanderol turun tipis 4 sen menjadi US$71,59 per barel di London ICE Future Exchange.

Dalam pertemuan, OPEC+ menyetujui tetap berpegang pada kebijakan sebelumnya, menambahkan 400 ribu barel per hari (bph) ke pasar setiap bulan.

Namun, OPEC+ kemudian merevisi prospek permintaan 2022 dan menghadapi tekanan AS untuk meningkatkan produksi lebih cepat.

“Sementara dampak pandemi covid-19 terus menimbulkan ketidakpastian, fundamental pasar telah menguat dan persediaan negara OECD terus turun seiring percepatan pemulihan,” kata OPEC+ dalam sebuah pernyataan.

Sementara, Badan Informasi energi AS (EIA) menyatakan stok bensin AS naik 1,3 juta barel pekan lalu. Para analis memperkirakan penurunan 1,6 juta barel karena peningkatan infeksi covid-19.

Harga minyak mentah AS diperkirakan akan tetap di bawah tekanan seiring produksi minyak dan gas lepas pantai di Teluk Meksiko pulih bertahap. Namun, operasi kembali kilang-kilang di Louisiana yang ditutup oleh Badai Ida dapat memakan waktu berminggu-minggu, menurut para analis.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *