Jokowi: Pemerintah Datangkan 370 Juta Dosis Vaksin Covid-19 hingga Akhir 2021

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan bahwa pemerintah terus berupaya menyediakan vaksin Covid-19 untuk masyarakat. Menurut dia, pemerintah telah mendapat komitmen 370 juta dosis vaksin hingga akhir 2021.

“Jika tak ada halangan, sesuai komitmen dengan sejumlah pihak, hingga akhir tahun nanti, pemerintah sudah mendatangkan sekitar 370 juta dosis,” kata Jokowi dikutip dari akun instagramnya @jokowi, Jumat (20/8/2021).

Menurut dia, pemerintah masih berusaha untuk mendapatkan tambahan pasokan vaksin lagi sampai mencapai total 430 juta dosis. Hal ini mengingat ada 200 juta masyarakat Indonesia yang harus divaksin dua dosis.

“Jumlah vaksin sebanyak itu kita upayakan untuk melakukan vaksinasi bagi lebih dari 200 juta rakyat sampai akhir tahun ini, dua dosis untuk setiap orang,” jelasnya.

Jokowi menyampaikan Indonesia kedatangan vaksin AstraZeneca yang merupakan bantuan dari pemerintah Belanda dan vaksin Sinovac sejak Kamis kemarin. Kemudian, 1,5 juta vaksin Pfizer produksi Amerika Serikat juga telah tiba di tanah air.

Adapun vaksin Pfizer tersebut didapat melalui mekanisme business to business antara pemerintah Indonesia dengan perusahaan Pfizer, Amerika Serikat. Selain Pfizer, tiga jenis vaksin lain yang bagian dari perjanjian B2B yaitu Sinovac, AstraZeneca, dan Novavax.

“Indonesia akan terus bekerja keras, melalui semua jalur, untuk memastikan keamanan pasokan vaksin bagi Indonesia,” ucap Jokowi.

Penerimaan Perdana Vaksin Pfizer

Sebelumnya, Indonesia kedatangan vaksin Covid-19 tahap ke-38 dengan jumlah 1.560.780 dosis vaksin Pfizer produksi Amerika Serikat, Kamis (19/8/2021). Adapun vaksin tiba di Bandara Soekarno Hatta Tangerang Banten.

“Pemerintah juga telah melakukan pembelian 1.560.780 dosis vaksin Pfizer yang telah tiba tadi siang,” kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi seperti yang ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis sore.

Adapun ini merupakan penerimaan perdana vaksin Pfizer di Indonesia. Selain itu, kata Retno, Indonesia juga akan kedatangan 450.200 dosis vaksin AstraZeneca hasil kerja sama dose sharing dengan pemerintah Belanda pada Kamis malam nanti

“Kedatangan vaksin AstraZeneca adalah pengiriman tahap pertama dari komitmen pemerintah Belanda untuk memberikan dukungan 30.200.000 (dosis) vaksin bagi Indonesia melalui mekanisme kerja sama bilateral,” ujar dia.

Disamping itu, Indonesia juga menerima 567.500 dosis vaksin AstraZeneca dan 5.000.000 dosis vaksin produksi Sinovac. Retno menyampaikan bahwa pemerintah terus berkomitmen menyediakan stok vaksin untuk masyarakat.

“Pemerintah akan terus meningkatkan ikhtiar guna menjamin pasokan vaksin untuk kebutuhan rakyat Indonesia,” tutur Retno.

 

 

 

 

Sumber : Liputan6.com
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *