Filipina Bagikan Bantuan Tunai Selama Lockdown Akibat Covid-19

Pandemi covid-19 membuat rakyat miskin di banyak negara mengalami kesulitan ekonomi. Kondisi ini juga dialami oleh warga miskin di Filipina.

Kondisi tersebut dialami pengemudi becak Filipina Jesus Gomez berjuang untuk mencari nafkah bahkan sebelum ibu kota Manila kembali ke penguncian akibat virus korona pekan lalu. Lockdown memaksa sebagian besar pelanggannya untuk tinggal di rumah dan mengurangi separuh pendapatannya yang sedikit.

Selama enam bulan tidak bisa bayar sewa dan tidak mampu membeli gas untuk memasak, pria berusia 77 tahun itu bergabung dengan ratusan orang lainnya pada Rabu 11 Agustus di lapangan basket tertutup untuk menerima bantuan pemerintah sebesar 1.000 peso atau sekitar Rp285 ribu.

Sekitar 80 persen dari lebih dari 13 juta orang yang tinggal di wilayah ibu kota nasional, memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan tunai satu kali untuk meringankan rasa sakit ekonomi yang disebabkan oleh penguncian terbaru.

“Ini sangat membantu karena jika tidak ada bantuan tunai saya tidak bisa membeli (memasak) gas,” kata Gomez, yang menghasilkan 200 peso pada hari yang baik selama penguncian.

Pembatasan yang diberlakukan sejak awal pandemi telah menghancurkan ekonomi Filipina, menelan biaya jutaan pekerjaan dan membuat banyak keluarga kelaparan.

Lonjakan infeksi yang sebagian didorong oleh varian Delta, telah memicu penguncian di ibu kota dan daerah lainnya. Filipina patut khawatir karena varian ini sangat menular dan menyerang negara-negara tetangganya.

Presiden Rodrigo Duterte mengatakan baru-baru ini negara itu tidak mampu lagi melakukan penguncian.

Tetapi dengan hanya sekitar 10 persen dari populasi yang divaksinasi penuh dan rumah sakit terisi dengan cepat, pihak berwenang memiliki sedikit pilihan untuk memperlambat penyebaran covid-19.

Aturan yang lebih ketat, yang mencakup jam malam delapan jam serta larangan makan di restoran dan olahraga di luar ruangan, diperkirakan akan merugikan ekonomi sekitar USD3 miliar per minggu karena hasil yang hilang.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *