Kasus Menurun, Taiwan Akan Longgarkan Pembatasan Covid-19

Taiwan akan melonggarkan pembatasan pandemi covid-19 mulai minggu depan meskipun beberapa akan tetap berlaku. Pelonggaran, kata pemerintah Taiwan dilakukan setelah jumlah kasus yang turun dengan cepat memberi kepercayaan kepada pihak berwenang untuk lebih menurunkan tingkat siaga.

Taiwan menerapkan pembatasan pertemuan, termasuk menutup tempat hiburan dan membatasi restoran untuk layanan bawa pulang, pada pertengahan Mei. Pembatasan dilakukan menyusul lonjakan kasus domestik virus korona setelah berbulan-bulan tidak ada atau beberapa kasus selain kasus impor.

Sementara beberapa dari pembatasan itu dilonggarkan bulan ini, apa yang disebut peringatan tingkat tiga telah berlaku dan akan berakhir pada 26 Juli.

Perdana Menteri Su Tseng-chang mengatakan peringatan akan diturunkan ke level dua mulai 27 Juli.

“Epidemi domestik secara bertahap stabil dan menuju arah yang baik,” kata Su, seperti dikutip AFP, Jumat 23 Juli 2021.

“Warga harus tetap mengikuti semua panduan pencegahan pandemi dengan ketat untuk menjaga pencapaian yang diperoleh dengan susah payah ini setelah pembatasan dilonggarkan,” ungkapnya.

“Kementerian kesehatan akan mengumumkan rincian pedoman baru pada Jumat,” katanya.

Keputusan Taiwan bertentangan dengan banyak tetangga regionalnya, seperti Thailand dan Indonesia. Di mana infeksi, yang sebagian besar didorong oleh penyebaran varian Delta, meningkat, mengarah ke pembatasan yang semakin ketat.

Taiwan tidak pernah melakukan penguncian penuh, meskipun perbatasannya sebagian besar tetap tertutup selain dari warga negara dan pemegang kartu tempat tinggal asing.

Taiwan, yang wabah domestiknya selalu relatif kecil, telah melaporkan 15.511 infeksi sejak pandemi dimulai, dan 782 kematian.

 

 

 

Sumber : Detikcom
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *