WHO: Varian Delta Covid-19 Mendominasi dalam Beberapa Bulan

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Rabu 21 Juli 2021 mengatakan, Varian Delta covid-19 yang sangat menular diperkirakan akan menjadi jenis virus yang dominan selama beberapa bulan mendatang.

Varian Delta -,yang pertama kali terdeteksi di India,- kini tercatat di 124 wilayah dan 13 lebih banyak dari pekan lalu. Itu sudah menyumbang lebih dari tiga perempat spesimen yang diurutkan di banyak negara besar.

“Diharapkan itu akan dengan cepat bersaing dengan varian lain dan menjadi garis keturunan dominan yang beredar selama beberapa bulan mendatang,” kata badan kesehatan PBB itu dalam pembaruan epidemiologi mingguannya, seperti dikutip AFP, Kamis 22 Juli 2021.

Dari tiga varian kekhawatiran virus korona (VOC) lainnya, Alpha, yang pertama kali terdeteksi di Inggris, telah dilaporkan di 180 wilayah (naik enam wilayah dari minggu lalu). Beta, pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan, telah dilaporkan di 130 wilayah (naik tujuh wilayah) dan Gamma, pertama kali terdeteksi di Brasil, di 78 (naik tiga wilayah).

Menurut urutan SARS-CoV-2 yang diajukan ke inisiatif sains global GISAID selama empat minggu hingga 20 Juli, prevalensi Delta melebihi 75 persen di beberapa negara.

Mereka termasuk Australia, Bangladesh, Botswana, Inggris, Tiongkok, Denmark, India, Indonesia, Israel, Portugal, Rusia, Singapura, dan Afrika Selatan.

“Bukti yang berkembang mendukung peningkatan transmisibilitas varian Delta dibandingkan dengan non-VOC. Namun, mekanisme yang tepat untuk peningkatan transmisibilitas masih belum jelas,” ujar WHO.
Kasus naik 12 persen
Organisasi yang berbasis di Jenewa itu mengatakan secara keseluruhan, 3,4 juta kasus baru covid-19 dilaporkan dalam seminggu hingga 18 Juli atau naik 12 persen pada minggu sebelumnya.

“Pada tingkat ini, diharapkan jumlah kumulatif kasus yang dilaporkan secara global dapat melebihi 200 juta dalam tiga minggu ke depan,” ungkap WHO.

WHO tersebut mengatakan peningkatan global dalam penularan tampaknya didorong oleh empat faktor: Varian yang lebih menular; relaksasi langkah-langkah kesehatan masyarakat; peningkatan pencampuran sosial dan sejumlah besar orang yang tidak divaksinasi.

Kasus naik 30 persen di wilayah Pasifik Barat WHO dan naik 21 persen di wilayah Eropa.

WHO menyebutkan jumlah kasus baru tertinggi dilaporkan dalam pandemi covid-19 , tercatat dari Indonesia (350.273 kasus baru; naik 44 persen), Inggris (296.447 kasus baru; naik 41 persen), dan Brasil (287.610 kasus baru; turun 14 persen).

Jumlah kematian mingguan, bagaimanapun, tetap stabil di 57.000, mirip dengan minggu sebelumnya dan mengikuti penurunan yang stabil selama lebih dari dua bulan.

 

 

 

 

 

Sumber : Medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *