Empat Hal Menarik FFI 2021 yang Digelar November Mendatang

Pagelaran Festival Film Indonesia (FFI) 2021 akan digelar pada 10 November mendatang. Sementara, malam nominasi rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober 2021.

Menyambut Piala Citra tahun ini, Komite Festival Film Indonesia mengusung tema Sejarah Film dan Media Baru, dengan subtema Beralih Masa Bertukar Rasa Film Indonesia. Ada juga yang menarik dalam FFI 2021, yakni hadirnya empat kategori baru, Film Favorit, Aktor Favorit, Aktris Favorit, dan Kritik Film.

Pendaftaran film akan dibuka mulai tanggal 15 Juli – 30 Agustus 2021 yang bisa dilakukan melalui website www.festivalfilm.id. Lalu, dilanjutkan seleksi dan penjurian yang berlangsung mulai tanggal 30 Agustus 2021 sampai 25 Oktober 2021.

Aktor Reza Rahadian didapuk menjabat sebagai Ketua Komite FFI untuk tiga tahun ke depan (2021 – 2023) setelah sebelumnya jabatan itu dipegang Lukman Sardi. Sebagai Ketua Komite, Reza mengungkapkan sebuah tantangan besar yang dihadapi untuk FFI 2021.

Selama masa jabatannya, Reza Rahadian ingin melakukan langkah besar agar FFI ke depannya menjadi lebih baik lagi.

Menduduki jabatan sebagai Ketua Komite selama tiga tahun ke depan, ada langkah besar yang ingin Reza lakukan untuk FFI. Langkah besar itu akan ia wujudkan bersama setiap anggota kepanitiaan dengan saling bekerja sama semaksimal mungkin untuk membangun FFI menjadi lebih baik lagi.

“Salah satu hal terbesar yang ingin saya lakukan dalam FFI adalah perbaikan dalam infrastruktur dan suprastruktur secara keseluruhan yang ada di dalam FFI itu sendiri,” kata Reza Rahadian saat konferensi pers virtual FFI 2021, Kamis (15/7/2021).

Selain Reza Rahadian, Komite Festival Film Indonesia untuk 2021-2023 yang ditunjuk Badan Perfilman Indonesia juga akan berisi Ketua Bidang Penjurian Garin Nugroho, Ketua Bidang Acara Inet Leimena.

Lalu ada Sekretariat Linda Gozali, Humas Nazira C. Noer dan Emira P. Pattiradjawane, serta Keuangan dan Pengembangan Usaha Gita Fara. FFI 2021 merupakan pagelaran kedua yang digelar di masa pandemi setelah tahun lalu sukses dilaksanakan dengan mengutamakan protokol kesehatan yang ketat.

Reza menegaskan bahwa tahun ini, FFI tetap akan mematuhi segala aturan yang sudah diberikan pemerintah. “Kalau bicara tantangan, situasi pandemi seperti ini jadi tantangan yang paling besar,” kata Reza Rahadian.

Untuk mengatasi berbagai tantangan, Reza menerapkan komunikas terbuka bagi setiap pihak. Kepanitiaan FFI tahun ini mengedepankan komunikasi yang terbuka bagi seluruh ekosistem atau elemen yang ada di dalam perfilman.

“Itu salah satu stategi serta cara kami untuk kemudian membuka ruang diskusi sebanyak mungkin,” ucap Reza. Empat kategori baru FFI 2021 Reza mengatakan, ada empat kategori baru di FFI 2021. Pemenang kategori baru itu akan ditentukan polling atau pendapat dari pecinta film Tanah Air.

Empat kategori tersebut yakni Film Favorit, Aktor Favorit, Aktris Favorit, dan Kritik Film. Reza mengingatkan agar pecinta film Indonesia yang ingin ikut memberikan pollingnya untuk selalu update informasi dari website atau media sosial FFI. “Tentu itu akan ada aturannya nanti, ada di website dan mengikuti perkembangan informasi yang akan dilangsungkan di sosial media teman-teman Humas nantinya, pastikan terus update,” pungkas Reza.

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Kompas.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *