Jepang Siapkan Penerbangan Khusus bagi Warga yang Ingin Tinggalkan Indonesia

Pemerintah Jepang akan mendukung penerbangan khusus bagi semua warganya yang ingin pulang dari Indonesia di tengah lonjakan kasus Covid-18. Pengumuman disampaikan Kepala Sekretaris Kabinet Katsunobu Kato kepada awak media.

“Dari sudut pandang melindungi warga negara Jepang, kami memutuskan untuk mengambil langkah-langkah lanjutan,” ujar Kato, dilansir dari laman Nikkei Asia, Selasa, 13 Juli 2021.

“Warga Jepang yang ingin pulang (dari Indonesia) dapat melakukannya sesegera dan sebanyak mungkin,” lanjutnya. Kato tidak menyebutkan batasan jumlah warga yang dapat pulang melalui skema khusus ini.

Ia mengatakan warga Jepang di Indonesia dapat meninggalkan Indonesia mulai Rabu ini, 14 Juli 2021. Mereka akan diangkut oleh penerbangan khusus sebuah maskapai Jepang yang didukung penuh pemerintahan Perdana Menteri Yoshihide Suga.

“Setelah itu, kami akan terus merespons berbagai permintaan dari warga Jepang,” ungkap Kato.

Salah seorang staf Kedutaan Besar Jepang di Jakarta menuturkan informasi terkait pemulangan ini akan disampaikan pada kesempatan pertama.

Selasa kemarin, Indonesia mencatat tambahan 47.899 kasus Covid-19 dengan 864 kematian. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memperkirakan angka infeksi harian Covid-19 akan kembali melonjak Rabu ini di tengah peningkatan kapasitas tes di berbagai daerah.

Sebelumnya, Duta Besar Jepang Kanasugi Kenji menyampaikan rasa prihatinnya atas lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia. Ia juga turut berduka karena dari total kematian akibat Covid-19 di Indonesia sejauh ini, banyak di antaranya adalah tenaga kesehatan.

 

 

 

 

 

Sumber : Medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *