BNPB Kebut Persiapan Rusun Pasar Rumput Jadi Tempat Isoman

Pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggenjot persiapan Rumah Susun (rusun) Pasar Rumput, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, sebagai tempat isolasi mandiri pasien Covid-19.

Letkol TNI M Arifin selaku Komandan Lapangan RS Wisma Atlet mengatakan, pihaknya menargetkan agar persiapan Rusun Pasar Rumput dapat diselesaikan dalam waktu satu minggu. Hal itu dilakukan terkait penambahan kasus aktif Covid-19 di wilayah DKI Jakarta yang meningkat signifikan.

“Paling lama satu minggu harus sudah beroperasi. Karena urgent,” kata Arifin, Sabtu (3/7).

Hingga Sabtu (3/7), Kedeputian Logistik dan Peralatan BNPB mengirimkan sejumlah peralatan pendukung penanganan pandemi Covid-19, mencakup 375 unit ranjang, 2 ribu bantal, 786 kasur, 130 sprei, 130 sarung bantal dan 150 kasur dari dunia usaha.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 sekalis Kepala BNPB Ganip Warsito mengatakan, beberapa peralatan lainnya akan dikirimkan secara bertahap untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana Rusun Pasar Rumput, sesuai standar yang telah ditetapkan untuk isolasi mandiri terpusat.

“Gantungan baju, handuk, gayung, ember, lemari pakaian harus disiapkan juga,” tutur Ganip.

Di Rusun Pasar Rumput, kapasitas yang tersedia untuk tempat isolasi sementara sebanyak 698 hunian, masing-masing akan diisi tiga tempat tidur. Tak sendiri, dalam upaya persiapan ini BNPB dibantu oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta, Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta, Pasar Jaya DKI Jakarta, dan Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *