Presiden Terpilih Iran Enggan Bertemu dengan Joe Biden

Presiden terpilih Iran Ebrahim Raisi mendukung pembicaraan antara Iran dan enam kekuatan dunia untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir 2015. Namun dia dengan tegas menolak pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, bahkan jika Washington menghapus semua sanksi.

Dalam konferensi pers pertamanya sejak dia terpilih pada Jumat, ulama garis keras itu mengatakan prioritas kebijakan luar negerinya adalah meningkatkan hubungan dengan tetangga-tetangga Iran di Teluk Arab, sambil menyerukan saingan regional Iran, Arab Saudi, untuk segera menghentikan intervensinya di Yaman.

Raisi, yang dikenal sebagai seorang kritikus Barat yang keras, akan mengambil alih kekuasaan dari Hassan Rouhani yang lebih pragmatis pada 3 Agustus. Dia akan berkuasa ketika Iran berusaha untuk menyelamatkan kesepakatan nuklir yang compang-camping dan menyingkirkan sanksi AS yang telah melumpuhkan ekonomi Iran.

“Kami mendukung negosiasi yang menjamin kepentingan nasional kami. Amerika harus segera kembali ke kesepakatan dan memenuhi kewajibannya berdasarkan kesepakatan itu,” kata Raisi, seperti dikutip AFP, Selasa 22 Juni 2021.

Negosiasi telah berlangsung di Wina, Austria sejak April untuk mencari tahu bagaimana Iran dan Amerika Serikat dapat kembali mematuhi pakta nuklir. Kesepakatan itu sebelumnya ditinggalkan Washington pada 2018 di bawah Presiden Donald Trump sebelum menerapkan kembali sanksi terhadap Iran.

Iran kemudian melanggar batas kesepakatan pengayaan uranium, yang dirancang untuk meminimalkan risiko mengembangkan potensi senjata nuklir. Teheran telah lama membantah memiliki ambisi semacam itu.

Raisi mengatakan kebijakan luar negeri Iran tidak akan terbatas pada kesepakatan nuklir, menambahkan bahwa “semua sanksi AS harus dicabut dan diverifikasi oleh Teheran”.

Pejabat Iran dan Barat sama-sama mengatakan naiknya Raisi tidak mungkin mengubah sikap negosiasi Iran dalam pembicaraan untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir. Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei memiliki keputusan akhir tentang semua kebijakan utama.

Ditanya apakah dia akan bertemu Biden jika sanksi itu dicabut, Raisi menjawab: “Tidak”.

Respons Gedung Putih

Gedung Putih meremehkan pengaruh Raisi, dengan mengatakan tidak ada pertemuan yang direncanakan dan bahwa Khamenei adalah pembuat keputusan sebenarnya di Teheran.

“Saat ini kami tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Iran atau rencana untuk bertemu di tingkat pemimpin,” kata sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki kepada wartawan.

“Pandangan kami adalah bahwa pengambil keputusan di sini adalah pemimpin tertinggi,” tegasnya.

Raisi berada di bawah sanksi AS atas masa lalu yang mencakup apa yang dikatakan Amerika Serikat dan kelompok hak asasi manusia sebagai keterlibatannya dalam pembunuhan di luar proses hukum terhadap ribuan tahanan politik di Republik Islam pada tahun 1988.

Ketika ditanya tentang tuduhan kelompok hak asasi manusia bahwa dia terlibat dalam pembunuhan, dia berkata: “Jika seorang hakim, jaksa telah membela keamanan rakyat, dia harus dipuji.”

“Saya bangga telah membela hak asasi manusia di setiap posisi yang saya pegang sejauh ini,” tegasnya.

Gedung Putih mengatakan akan menjaga hak asasi manusia di atas meja setelah negosiasi mengenai kesepakatan nuklir. Psaki menolak untuk memprediksi kapan atau apakah kesepakatan akan tercapai, menambahkan bahwa para pejabat “menantikan untuk melihat ke mana arahnya.”

Negara-negara Teluk Arab telah mengatakan akan berbahaya untuk memisahkan pakta nuklir dari program rudal Iran dan perilaku “mengganggu stabilitas” di Timur Tengah, di mana Teheran dan Riyadh telah berperang selama beberapa dekade, di negara-negara dari Yaman hingga Irak.

Menggemakan sikap Khamenei, Raisi mengatakan “kegiatan regional dan program rudal balistik” Iran tidak dapat dinegosiasikan.

Koalisi yang dipimpin Arab Saudi melakukan intervensi dalam perang Yaman pada 2015 setelah pasukan Houthi yang didukung Iran mengusir pemerintahnya keluar dari ibu kota, Sanaa. Konflik tersebut sebagian besar mengalami kebuntuan selama beberapa tahun.

“Mereka (Amerika Serikat) tidak mematuhi kesepakatan sebelumnya. Bagaimana mereka ingin masuk ke diskusi baru?” ucap Raisi.

Arab Saudi Muslim Sunni dan Syiah Iran, yang memutuskan hubungan pada 2016, memulai pembicaraan langsung di Irak pada April yang bertujuan untuk menahan ketegangan. “Pembukaan kembali Kedutaan Besar Saudi tidak menjadi masalah bagi Iran,” pungkas Raisi.

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *