Covid Melonjak, Bekasi Perpanjang PPKM Mikro Sampai 30 Juni

Pemerintah Kota Bekasi memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro hingga 30 Juni seiring lonjakan kasus Covid-19 dalam sepekan terakhir di wilayah tersebut.

Perpanjangan PPKM Mikro di Kota Bekasi tertuang dalam Surat Edaran Nomor 556/706/SET.Covid-19 yang diteken Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, selaku Ketua Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 Kota Bekasi, per Senin (14/6).

“Terhitung sejak 15 Juni 2021 sampai dengan 30 Juni 2021 Pemerintah Kota Bekasi melakukan perpanjangan PPKM berbasis mikro,” demikian bunyi keputusan dalam surat edaran seperti dikutip Rabu (16/6).

Perpanjangan PPKM Mikro di Kota Bekasi seiring lonjakan kasus positif di wilayah tersebut dalam sepekan terakhir.

Bekasi berada di urutan kedua setelah Depok dengan penambahan 1.004 kasus baru dalam kurun waktu 7-13 Juni.

Perpanjangan PPKM Mikro juga seiring kunjungan Presiden Joko Widodo terkait pelaksanaan Vaksin Covid-19 dan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2021 tentang Perpanjangan PPKM Mikro guna mengendalikan penyebaran Covid-19.

Merujuk surat edaran, dengan perpanjangan tersebut, Kota Bekasi akan kembali memperketat penerapan protokol kesehatan di sejumlah sektor.

Di sektor pasar tradisional milik pemerintah maupun swasta, jam operasional dibatasi mulai pukul 8.00 sampai dengan 18.00 WIB.

“Pedagang Kaki Lima yang berada di dalam / luar area pasar (jalan, trotoar, area parkir) dilarang beraktivitas dan apabila melanggar akan ditindak tegas melalui penertiban dan pengangkutan,” demikian bunyi ketentuan SE.

Lalu, jam operasional swalayan, pusat perbelanjaan atau mall, jam operasional dibatasi mulai pukul 7.00 sampai pukul 22.00 WIB. Sementara kegiatan usaha hiburan secara umum akan dibatasi maksimal hingga pukul 23.00 WIB.

Selain pembatasan jam operasional, sisanya, protokol kesehatan harus secara umum juga harus diterapkan, seperti penyediaan fasilitas cuci tangan, aturan penggunaan masker, jaga jarak, dan pengecekan suhu tubuh pengunjung.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *