Timnas Indonesia Dibantai Vietnam 0-4

Timnas Indonesia menelan kekalahan telak 0-4 dari Vietnam dalam laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Stadion Al-Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab, Selasa (8/6) dini hari WIB.
Skuad asuhan Shin Tae Yong sudah dalam tekanan sejak wasit meniup peluit tanda dimulainya babak pertama. Dua peluang emas didapat Vietnam di 15 menit awal tetapi belum mampu membobol gawang Nadeo Argawinata.

Vietnam terus mendominasi permainan hingga pertengahan babak pertama. Dominasi Vietnam coba diredam dengan permainan keras oleh Timnas Indonesia yang berujung kartu kuning untuk Arif Satria dan Rachmat Irianto.

Vietnam mendapatkan beberapa peluang lain, termasuk dari Phan Van Duc yang masih bisa dihalau Nadeo. Setelah itu, tidak ada gol yang mampu diciptakan kedua tim dan skor 0-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Di awal babak kedua, Vietnam nyaris membuka keunggulan andai tendangan spekulasi Luong Xuan Truong tidak mengenai mistar gawang Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia langsung merespons tekanan yang diberikan Vietnam. Egy Maulana Vikri yang baru masuk di babak kedua mendapatkan peluang tetapi tendangannya masih belum menemui sasaran.

Vietnam kembali menciptakan peluang untuk mencetak gol pada menit ke-51. Kali ini, Nguyen Tien Linh bisa membobol gawang Nadeo melalui tembakan yang mengarah ke pojok kanan gawang.

Vietnam semakin di atas angin karena mampu menggandakan keunggulan jadi 2-0 pada menit ke-61. Nguyen Quang Hai melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang bersarang ke pojok kiri gawang Timnas Indonesia.

Lima menit berselang, skuad asuhan Park Hang Seo berhasil memperbesar skor jadi 3-0. Sepak pojok Xuan Truong mampu diarahkan Tien Linh ke tiang dekat yang disontek Nguyen Cong Phuong untuk membobol gawang Nadeo.

Timnas Indonesia punya peluang untuk memperkecil kedudukan pada menit ke-71. Egy melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang masih menerpa mistar gawang Vietnam.

Timnas Indonesia semakin terbenam pada menit ke-75. Vietnam berhasil memperbesar keunggulan menjadi 4-0 lewat tembakan melengkung Vu Van Thanh yang naik membantu serangan.

Di sisa waktu pertandingan, Vietnam fokus pada penguasaan bola, sedangkan Timnas Indonesia masih kesulitan untuk bisa membobol gawang Vietnam. Situasi itu tidak berubah hingga wasit meniup peluit panjang dan Vietnam memenangi laga ini dengan skor telak 4-0 atas Indonesia.

Susunan pemain
Vietnam: Bui Tan Truong, Do Duy Manh, Que Ngoc Hai, Bui Dung, Nguyen Phong Hong, Nguyen Van Toan, Nguyen Tuan Anh, Vu Van Thanh, Nguyen Quang Hai, Phan Van Duc, Nguyen Tien Linh

Indonesia (4-5-1): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Arif Satria, Pratama Arhan; Yakob Sayuri, Evan Dimas, Syahrian Abimanyu, Rachmat Irianto, Osvaldo Haay; Kushedya Hari Yudo.

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Suara.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *