RESMI: Tottenham Pecat Mourinho

Hasil imbang menghadapi Everton pada 17 April lalu tampaknya menjadi ambang batas toleransi manajemen Tottenham Hotspur untuk pelatih asal Portugal, Jose Mourinho. Per hari ini, Senin (19/4), klub Liga Primer Inggris yang bermarkas di London tersebut resmi memecat Mourinho.

“Jose Mourinho dipecat oleh Tottenham setelah 17 bulan bertugas,” tulis BBC.

Mourinho mendarat di Tottenham pada 20 November 2019 untuk menggantikan pelatih asal Argentina, Mauricio Pochettino. Sebelum memutuskan bekerja untuk The Lilywhites–julukan Tottenham–Mourinho sempat tanpa klub selama setahun sejak pemecatan dari Manchester United pada Desember 2018.

Di Liga Primer, Tottenham sejauh ini berada di posisi ketujuh klasemen sementara dengan hanya meraih dua angka dari tiga pertandingan terakhir. Mereka juga tersingkir di Liga Europa setelah dikalahkan Dinamo Zagreb di perempat final.

Kabar ini cukup mengejutkan sekaligus juga bukan kejutan. Di musim pertamanya, Mourinho membawa Tottenham ke posisi keenam klasemen akhir 2019-2020 yang juga merupakan jatah terakhir ke Liga Europa.

“Jose dan staf kepelatihannya telah bersama kami melalui masa-masa paling menantang sebagai klub. Jose adalah seorang profesional sejati yang menunjukkan keluwesan luar biasa selama pandemi,” kata bos Tottenham, Daniel Levy, sebagaimana dipetik dari laman klub.

“Di level pribadi, saya menikmati bekerja dengannya dan menyesalkan bahwa hal-hal tak bekerja sebagaimana kami berdua bayangkan. Dia akan selalu disambut di sini dan kami harus berterimakasih terhadapnya dan staf kepelatihannya untuk sumbangan mereka.”

Persoalannya, jika kabar ini benar adanya, Tottenham sesungguhnya sedang bersiap untuk pertandingan merebut gelar di final Piala Liga Inggris menghadapi Manchester City. Pertandingan ini akan dihelat di Stadion Wembley, London, Inggris, Minggu (25/4), dan klub telah menunjuk salah satu staf kepelatihan mereka, Ryan Mason, untuk memimpin skuat.

Dalam karier kepelatihannya, pemecatan kali ini adalah yang kelima dialami Mourinho. Sebelumnya ia dipecat dari Chelsea pada 2007, dari Real Madrid pada 2013, kembali dipecat Chelsea pada 2015, serta Manchester United pada 2018.

Meski demikian, Mourinho punya kenangan manis di dua klub, yakni Porto dan Inter Milan. Di Porto, Mourinho membawa klub tersebut meraih gelar Liga Champions pada 2004 dan di Inter Mou – sapaan Mourinho – bahkan meraih trigelar pada 2010.

 

 

Sumber : akurat.co
Gambar : Bola.net

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *