Lockdown Inggris akan Dilonggarkan Sesuai Jadwal Bulan Ini

Bar dan restoran yang melayani makan di ruang terbuka dapat kembali beroperasi di Inggris sesuai jadwal pada Senin pekan mendatang. Toko, pusat kebugaran, dan salon di seantero negeri juga akan diizinkan beroperasi kembali.

Namun, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengingatkan warga untuk “tidak terlena” usai lockdown diperlonggar.

Selain mengenai pelonggaran, PM Johnson juga mengatakan bahwa pihaknya sedang memeriksa potensi dikeluarkannya sertifikat status Covid-19. Uji coba sistem sertifikat ini akan berlangsung di Inggris pada pertengahan April.

Berbicara di Downing Street, PM Johnson juga mengatakan bahwa pemerintah “berharap” perjalanan internasional dapat berlanjut di fase pelonggaran lockdown selanjutnya pada 17 Mei mendatang.

Ia mengatakan pihaknya akan menentukan apa-apa saja yang bisa dilonggarkan sebelum 17 Mei. Diilansir dari laman BBC pada Selasa, 6 Maret 2021, otoritas Inggris juga nantinya akan segera menyampaikan pemberitahuan seputar pelonggaran kepada industri penerbangan “sesegera mungkin.”

Dalam sebuah dokumen yang dirancang pemerintahan PM Johnson, disebutkan bahwa pemerintah belum dapat mengonfirmasi apakah perjalanan internasional dapat berlanjut pada 17 Mei. Ini dikarenakan “status pandemi di luar negeri” belum dapat dipastikan.

Oleh karenanya, Pemerintah Inggris menyarankan warga untuk tidak memesan tiket liburan musim panas “hingga situasinya sudah benar-benar jelas.”

Mengenai sertifikat Covid-19, dokumen pemerintah menilainya sebagai alat yang dapat memainkan peran penting di level domestik maupun internasional. “Sertifikat ini bisa saja menjadi bagian dari kehidupan kita,” tulis dokumen tersebut.

Skema sertifikat ini dapat memperlihatkan apakah seseorang sudah divaksinasi, belum lama ini menjalani tes, atau memiliki imunitas alami. Sertifikat ini belum dapat dipastikan akan berbentuk fisik atau digital.

Sejumlah kritikus menilai skema semacam itu bersifat “diskriminatif.”

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Investor Daily

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *