Susul Menlu, Menhan Brasil Mundur dari Kabinet Bolsonaro

Menteri Pertahanan Brasil Fernando Azevedo e Silvamengumumkan pengunduran dirinya dari kabinet presiden sayap kanan Jair Bolsonaro pada Senin (29/3) waktu setempat.

“Saya meninggalkan ini dengan keyakinan: misi terlaksana,” ujar Azevado e Silva dalam pernyataannya dikutip dari AFP.

Namun, jenderal berusia 67 tahun ini tidak memaparkan alasan ia meninggalkan jabatannya yang ia duduki sejak Januari 2019 itu.

Pengunduran diri Azevado e Silva hanya selang beberapa jam dari penyampaian surat pengunduran diri Menteri Luar Negeri Brasil Ernesto Araujo. Araujo mundur di tengah kontroversi kegagalan pemerintah mengamankan pasokan vaksin negeri samba.

Pekan lalu, Bolsonaro menunjuk Marcelo Queiroga menggantikan Eduardo Pazuello sebagai menteri kesehatan. Queiroga merupakan menteri kesehatan keempat Brasil selama pandemi corona.

Bolsonaro sendiri mendapatkan tekanan dari melonjaknya jumlah kasus covid-19 di negaranya. Selain itu, pemerintah juga harus mengamankan lebih banyak pasokan vaksin bagi 212 juta penduduk.

Hingga kini, 312 ribu penduduk Brasil meninggal dunia karena covid-19. Angka itu merupakan yang terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat (AS).

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *